PENERAPAN PERMAINAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN ASPEK SOSIAL PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Petty Suniarti RA AL Muhajirin, Cimahi
  • Lenny Nuraeni IKIP Siliwangi, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10135

Keywords:

Collaborative Games, Social Attitude

Abstract

Efforts to improve social aspects in early childhood by implementing collaborative games, to be able to improve social skills in children in group A, the role of teachers and parents are very much needed. To be able to provide a stimulus for social skills in children, it can be done through several collaborative games through games, including the traditional sondah game. This study uses a qualitative descriptive research method that aims to determine efforts to improve social aspects through the application of collaborative games. Data collection techniques using observation, interviews. Data analysis is based on the results of observations of initial activities or before being given stimulation, during and after getting stimulation. Researchers research the field through a reduction in presenting data. The results showed that the application of collaborative games through traditional sondah games could improve the social aspects of early childhood. This study concludes that traditional sondah games as part of collaborative games, can improve aspects of early childhood social development.

Upaya meningkatkan aspek sosial pada anak usia dini dengan melakukan penerapan permainan kolaboratif,untuk dapat meningkatkan kemampuan sosial pada anak di kelompok A sangat diperlukan peran guru dan orang tua. Untuk dapat memberikan stimuluskemampuan sosialnya pada anak dapat melalui beberapa permainan kolaboratif melalui permainan, diantaranya permainan tradisional sondah.metode penelitian deskriftif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan aspek social melalui penerapan permainan kolaboratif dijadikan pada metode penelitian ini. Subjek penelitian ini terdapat 8 peserta didik yang terdiri dari 3 orang anak laki laki dan 5 orang anak perempuan di PAUD Al Ikhlas. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara. Hasil dari tekhnik  pengumpulan data dianalisis dengan analisis data kualitatif. Setelah penelitian ini dilakukan maka diperoleh hasil penelitian menunjukkan penerapan permainan kolaboratif melalui permainan tradisional sondah dapat meningkatkan aspek social anak usia dini. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui permainan tradisional sondah bagian dari permainan kolaboratif mampu meningkatkan aspek perkembangan sosial anak usia dini.

References

Pratiwi, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Srimu- lyo Natar. Disertasi, Sekolah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Lampung: Universitas Lampung. Sumber: http://digilib.unila.ac.id. Diunduh pada 11 juli 2019.

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 20-26.

Armadi, N. W., Pudjawan, K., & Antara, P. A. (2018). PENGARUH METODE PEM- BELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP PERILAKU SOSIAL PADA ANAK KELOMPOK B di TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(2), 179-188.

Handayani, K. D., Dantes, N., & Lasmawan, W. (2013). Penerapan permainan tradi- sional meong-meongan Untuk perkembangan aspek sosial anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Astiti Dharma Penatih Denpasar (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Isjoni. (2013). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok.

Bandung: Alfabeta.

Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada

Group.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Muslihuddin.(2009).Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Mulitidimension-

al.Jakarta:BumiAksara.

Septiadiningsih, R., Rohaety, E., & Nuraeni, L. (2019). PENERAPAN METODE BERMAIN ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN DI TK AL-FALAH. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(3), 84-91.

Downloads

Published

2022-03-02