PEMANFAATAN VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Ibah Habibah RA NURUL IKHWAN, Jl. Kapten Sangun. Rancaek Bandung
  • Heni Nafiqoh IKIP SILIWANGI, Jl. Ters. Jendral Sudirman Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10258

Keywords:

Listening Ability, Speaking Ability, Animated Video, Early Childhood

Abstract

Language skills in children should be stimulated and developed from an early age. Part of the language skills that must be possessed by children is the ability of children to listen and speak. The ability to listen to children serves to understand and develop knowledge in the future while the ability to speak serves to express what is in the mind and to communicate. There are so many ways to stimulate children's language skills to develop, including by utilizing animated videos as learning media that are tailored to the ongoing learning theme. Thus, children will feel more interested and can learn in a fun way without feeling bored with learning techniques that only use textbooks and assignments. This research was conducted at RA NURUL IKHWAN BANDUNG, on 12 children in group B using the results of observations and interviews as data collection techniques and made qualitative descriptive as a research method. The results of this study are an increase in language skills after using animated videos as learning media.

Kemampuan bahasa pada anak sejatinya harus dirangsang dan dikembangkan sejak anak usia dini. Bagian dari kemampuan bahasa yang harus dimiliki oleh anak adalah kemampuan anak dalam menyimak dan berbicara. Kemampuan menyimak anak berfungsi untuk memahami dan mengembangkan pengetahuan dimasa yang akan datang sedangkan kemampuan berbicara berfungsi untuk mengungkapkan yang ada dalam pikiran dan untuk berkomunikasi. Begitu banyak cara yang dilakukan agar merangsang kemampuan bahasa anak berkembang, diantaranya dengan memanfaatkan video animasi sebagai media pembelajaran yang disesuaikan dengan tema pembelajaran yang sedang berlangsung. Dengan demikian anak akan merasa lebih tertarik dan dapat belajar dengan cara yang menyenangkan tanpa merasa bosan dengan teknik pembelajaran yang hanya menggunakan buku paket dan pemberian tugas. Penelitian ini di lakukan di RA NURUL IKHWAN  BANDUNG, pada 12 orang anak pada kelompok B dengan menggunakan hasil observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data serta menjadikan deskriptif kualitatif sebagai metode penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya peningkatan kemampuan bahasa setelah menggunakan video animasi sebagai media pembelajaran.

References

Anggraeni, D., & Gustiana, E. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Video Smart Hafiz Terhadap Keterampian Bicara Anak. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 139-149.

Doludea, A., & Nuraeni, L. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Dengan Metode Bercerita Melalui Wayang Kertas Di Tk Makedonia. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(1), 1-5.

Heriyanto, H. (2019). Implementasi Thematic Analysis dalam Penelitian Ilmu Perpus- takaan dan Informasi. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Infor- masi, 3(1), 27-31.

Hanifah, T. M. N., & Atika, A. R. (2020). Mengembangkan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Tebak Gambar. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(3), 196-204.

Luhulima, D. A., Degeng, N. S., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi Untuk Anak Sekolah Minggu. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110-120.

Mafazah, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Video Explain- er pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(4), 339-353.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa- beta, cet ke 22.

Susanto, A. (2014). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia group, cet ke 3.

Yuliani, M. S., Mappapoleonro, A. M., & Mansoer, Z. (2020). Pengaruh penggunaan video animasi serial diva terhadap kemampuan menyimak anak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II (pp. 37-46).

Zara, M. (2020). Penggunaan Media Film Animasi dan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Downloads

Published

2022-03-02