PEMBELAJARAN BERHITUNG MELALUI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Yani Rahmayani Kober Al Anshor, Jl. Bojong Koneng No.182 RT.04/RW.15 Bandung
  • Agus Sumitra IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10327

Keywords:

Learning to count, Snake and Ladder Game, Early Childhood

Abstract

Learning to count is one of the important and useful abilities in everyday life, almost all activities cannot be separated from counting. One of the activities of learning to count is through the game of snakes and ladders. The use of snake and ladder game media in the learning process can create pleasant conditions for children. Snakes and ladders game techniques can be developed to assist children's mastery of developmental aspects, especially in the material for developing numeracy skills. The purpose of this study is to improve numeracy skills using the snake and ladder game media. In this study, researchers used a qualitative approach with descriptive methods carried out using field observation techniques and interviews with a study sample of 14 children. Data analysis uses data reduction, data display, and conclusions. The purpose of using this method is to get an overview of learning to count using the game of snakes and ladders for children aged 5-6 years. The results obtained are an increase in the achievement of children's development values in learning count between before and after doing activities using the snake and ladder game media. This can be seen at the end of the research activity, their development value has increased from underdeveloped (BB) until the end of the development value reaches very well developed (BSB), so it can be concluded that by learning to count using snake and ladder media children become more developed

Pembelajaran berhitung merupakan salah satu kemampuan penting dan berguna dalam kehidupan sehari-hari, hampir semua aktivitas tidak terlepas dari berhitung. Salah satu kegiatan dari pembelajaran berhitung yakni melalui media permainan ular tangga. Penggunaan media permainan ular tangga dalam proses pembelajarannya dapat menciptakan kondisi yang menyenangkan bagi anak. Teknik permainan ular tangga dapat dikembangkan untuk membantu penguasaan anak-anak terhadap aspek-aspek perkembangan khususnya pada materi pengembangan kemampuan berhitung. Tujuan dari Penelitian ini  yaitu untuk meningkatkan kemampuan berhitung menggunakan media permainan ular tangga. Pada penelitian ini,peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi lapangan dan wawancara dengan sample penelitian sebanyak 14 anak. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Tujuan menggunakan metode tersebut  adalah untuk mendapatkan gambaran tentang pembelajaran berhitung dengan menggunakan media permainan ular tangga pada Anak Usia Dini. Hasil penelitan yang diperoleh yaitu adanya peningkatan pencapaian nilai perkembangan anak dalam pembelajaran berhitung antara sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dengan menggunakan media permainan ular tangga. Hal tersebut dapat dilihat pada kegiatan akhir penelitian, nilai perkembangan mereka meningkat mulai dari belum berkembang (BB) sampai akhir nilai perkembangannya mencapai berkembang sangat baik (BSB), sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa dengan pembelajaran berhitung dengan menggunakan media ular tangga anak menjadi lebih berkembang.

References

Abidin, Y (2009). Bermain Pengantar Bagi Penerapan Pendekatan mensi Paud. Bandung: Rizqi Press

BCCT Dalam Di-

Handayani, S. (2012). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Ular Tangga di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Simpang IV Agam. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(3).

Mursid. (2018). Belajar dan Pembelajaran Paud. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Purnama, S (2019). Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dina. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Ruslan, P. O., Hayati, T., & Nuraeni, L. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN

BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA KELOMPOK B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 339-346.Sugiyono , (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Ajzen

Sukmadinata, N. S (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Ros- dakarya

Suyanto.S. (2008). Strategi Pendidikan Anak. Yogyakarta : Hikayat.

Suyadi. (2017). konsep Dasar Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sukmawati, W. (2017). PENERAPAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 85, LEGOSO CIPUTAT TIMUR. In Prosiding Seminar Nasional Berseri (pp. 177-184).

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Visimedia.

Downloads

Published

2022-03-02