KEGIATAN BERNYANYIASMAULHUSNA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SENI MUSIK PADA ANAK KELOMPOK B
(1) Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Quwwatl, Kota Bandung, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Masyarakat, Fakultasi Ilmu Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
In developing the art of musical ability in children of group B in TKQ Quwwatul Iman of faith is less than the methods taught in classified methods so that children are not good at learning. The asmaul husna singing activity is one possible way to develop musical arts abilities in children of group B. Research has a purpose in this study to describe deep learning in developing musical arts abilities with asmaul husna singing activities in child group B in TKQ Quwwatul Iman. Data was collected on this research through observation interviews and documents. The 10 children who were subjected to this study consisted of 5 boys and 5 girls. The reduction activity of data displays and deduction withdrawal is the analysis of, the date used. The study showed results that asmaul husna singing could develop musical arts abilities in group B children. With the planning of the proper drafting of RPPM and RPPH according to curriculum 13 and the schedule of activities made during the 8 meetings. Then the child's response to learning to children is excited and enthusiastic about following the learning.
Pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan seni musik pada anak kelompok B di TKQ Quwwatul Iman masih kurang, yang mana metode yang diajarkan masih metode klasikal, sehingga anak tidak tertarik dalam belajar. Dengan kegiatan bernyanyi Asmaul Husna merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan dalam mengembangkan kemampuan seni musik pada anak kelompok B. Peneliti memiliki tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan pembelajaran melalui kegiatan bernyanyi asmaul husna dalam mengembangkan kemampuan seni musik pada anak kelompok B di TKQ Quwwatul Iman. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui Observsi , wawancara, dan dokumentasi. 10 anak yang menjadi subjek pada penelitian ini terdiri dari 5 anak laki laki dan 5 anak perempuan. Aktifitasanalisis data meliputi reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa kegiatan bernyanyi asmaul husna dapat mengembangkan kemampuan seni musik pada anakkelompok Bdengan perencanaan menyusun RPPM dan RPPH dengan baik sesuai kurikulum 13 serta jadwal kegiatan yang dibuat selama 8 kali pertemuan, kemudian respon anak terhahap pembelajaran terlihat jelas anak senang semangat dan antusiasdalammengikuti pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan animasi interaktif pembelajaran asmaul husna. Jurnal Teknik Komputer, 2(1), 116-121.
Gafur, A. (2012) Desain Pembelajaran: Konsep, Model dan Aplikasinya Dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajara Yogyakarta:Ombak
Huliyah, M. (2017). Pengembangan Daya Seni Pada Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidi-kan Anak Usia Dini, 1(02), 149-164.
Kamtini, Tanjung ,& Wardi H (2005). Bermain Melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Kusmiyatun. (2011). Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran Hafalan As-ma‟ul Husna Dengan Metode Menyanyi. Skripsi (Tidak Diter-bitkan). IAIN- SEMARANG
Latifah, P.P.I.D & Budiwati D.S. (2013) Studi Tentang Kegiatan Bernyanyi pada Pembelajaran “Calistung” untuk Anak Usia Dini di TK Sekolah Alam Bandung (Doctoral dissertation, Indonesia University of Education).
Marlina, L. (2017). Perencanaan Pem-belajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2).
Rusman. (2013). Metode-Metode Pem-belajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sumarni, R. A., & Kumala, S. A. (2021). Pembelajaran Edukatif yang Asyik di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdi, 4(1), 105-112.
Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sholihah, U. (2019). Peningkatan ke-mampuan menghafal Asmaul Husna melalui media Flashcard pada Kelompok A (Usia 4-5 ta-hun) di Taman Kanak-Kanak An-nur Surabaya (Doctoral disserta-tion, UIN Sunan Ampel Suraba-ya)
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 ten-tang Sitem Pendidikan Nasional
Windarsih, C. A. (2015). PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MEMAHAMI BAHASA INGGRIS MELALUI BERNYANYI PADA ANAK USIA DINI. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 63-72.
DOI: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v5i3.10397
Article Metrics
Abstract view : 10 timesPDF - 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria is published by PG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia
Publisher Address:
Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi
Building H, First Floor, Room H-3
IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526
Telp/Fax: (022) 6629913,
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id or jurnalceriapaud@gmail.com
Click to access: Ceria Journal
P-ISSN: 2614-6347
E-ISSN: 2614-4107
View My Stats