PEMANFAATAN APLIKASI YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI PADA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Raeni Raeni Kober Nurul Iman, Jl. PHH. Mustofa Gg. Sukaharja I Rt 05 Rw 03 Kota Bandung
  • Agus Sumitra IKIP Siliwangi, Jl. Terusan Jend. Sudirman, Baros
  • Ririn Hunafa Lestari IKIP Siliwangi, Jl. Terusan Jend. Sudirman, Baros

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i6.p722-728

Keywords:

Youtube, Learning Motivation, Online Learning

Abstract

This research is motivated by the facts that occurred during online learning at Kober Nurul Iman, Bandung City, namely that not a few parents complained because their children did not want to do the assignments given by the school. Children feel bored and find it unpleasant to study at home. This shows a decrease in children's learning motivation. The YouTube application is one of the social media that is widely accessed by the public. Almost all people can learn by using YouTube. This study aims to describe the use of YouTube on early childhood learning motivation in online learning. This research method uses a qualitative descriptive method with the research subject of 8 students and 1 educator Kober Nurul Iman. Qualitative data analysis is carried out by collecting data through observation, interviews and documentation, data reduction, data display, and concluding. The results showed that the application of YouTube in developing early childhood learning motivation from meeting one to meeting eight with good planning according to the learning scenario, the results showed that children showed interest in learning, enjoyed learning independently, diligently, and tenaciously in completing tasks, increasing with the use of YouTube. In addition, the children feel very happy, enthusiastic, and proud of their teachers and even themselves on YouTube.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang terjadi selama pembelajaran daring di Kober Nurul Iman Kota Bandung, yaitu tidak sedikit  orang tua yang mengeluh dikarenakan anaknya tidak mau mengerjakan tugas yang diberikan sekolah. Anak merasa bosan dan merasa tidak menyenangkan belajar di rumah. Hal ini menunjukkan penurunan motivasi belajar anak. Aplikasi YouTube merupakan salah satu media sosial yang banyak diaksesoleh masyarakat. Hampir semua kalangan dapat belajar dengan menggunakan YouTube. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan YouTube terhadap motivasi belajar anak usia dini pada pembelajaran daring. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian 8 anak peserta didik dan 1 pendidik Kober Nurul Iman. Analisisi data kualitatif ditempuh dengan langkah pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan YouTube dalam mengembangkan motivasi belajar anak usia dini dari pertemuan satu sampai pertemuan delapan dengan perencanaan yang baik sesuai skenario pembelajaran didapat hasil anak menunjukkan ketertarikan terhadap pembelajaran, senang belajar mandiri, tekun dan ulet dalam menyelesaikan tugas semakin meningkat dengan penggunaan YouTube, selain itu anak merasa sangat senang, antusias dan bangga gurunya bahkan dirinya sendiri tayang di YouTube.

References

Faiqah. F, M. N. (2016). YOUTUBE SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI BAGI KOMUNITAS MAKASSARVIDGRAM. Jurnal Komunikasi KAREBA, 259-272

Handarini.O.I, S. S.(2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 496-50

Hasibuan, H.R.. & Panjaitan, R.W (2020). Pemikiran Ibnu Qoyyim tentang Proteksi Minat dan Motivasi Belajar dalam Kitab Ad-daa’ wa Ad-dawaa’. Journal of Islamic Education, 55-71.

Karnida, K., Rodiana, D., & Komala, K. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERNYANYI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(4), 16-20.

Musarofah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Video Animasi Bermuatan Ayat Al-Qur'an Dengan Output Youtube.Skripsi. Universitas Islam Negeri. Raden Intan Lampung

Moleong,J.L.(2018).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Nurtaniawati, N. (2017). Peran Guru Dan Media Pembelajaran Dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 1-20.

Putra.A, Patmaningrum.D.A (2018). PENGARUH YOUTUBE DI SMARTPHONE TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAM-PUAN KOMUNIKASI INTER-PERSONAL ANAK. Jurnal Penelitian Komunikasi, 159-172

https://bppkibandung.id/index.php/jpk/article/view/589

Rusman, (2012) Model-Model Pembela-jaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Sardiman.A.M, (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers

Syahid, A, A. (2019) Gembira ber-sekolah: memaknai fun learning di sekolah dasar Current Research in Education: Conference Series Journal 1 (1)

Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Per-lindungan Anak.

Downloads

Published

2021-12-19