STIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK KELOMPOK A MELALUI MEDIA BAHAN ALAM SELAMA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Elisa Asri Arianti KB Miftahussalam, Perelas Budiharja Cililin
  • Asih Nur Ismiatun IKIP Siliwangi Bandung, Jalan Terusan Jendral Sudirman

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10418

Keywords:

Logical Thinking, Natural Materials, Online Learning

Abstract

Children are able to think logically is one part of the goals of early childhood education. Aspects of logical thinking include differences in shapes, classification of objects, being able to plan ideas and knowing the cause and effect of an event. Stimulating logical thinking skills during a pandemic requires interesting media for children, one of which is the use of natural media. This article aims to analyze the implementation of the application of natural media on children's logical thinking skills during online learning, the responses of teachers and children as well as the difficulties experienced by teachers and children in stimulating logical thinking skills through natural media media during learning. online. The research method used is a qualitative descriptive research method with research subjects aged 4-5 years, totaling 17 children in group A family planning. Miftahussalam. Data collection methods in this study include observation, interview, and documentation techniques. The data analysis technique uses data reduction techniques, data presentation, and drawing conclusions. Based on this research, it was found that during online learning the use of natural media media can stimulate children's logical thinking skills to develop well. Teachers and children showed good and enthusiastic responses. Difficulties experienced include signal and quota constraints, children are less independent and teachers have difficulty assessing children's development.

Anak mampu berpikir secara logis merupakan salah satu bagian dari tujuan pendidikan anak usia dini. Aspek berpikir logis meliputi perbedaan bentuk, klasifikasi benda, mampu merencanakan ide dan mengetahui sebab akibat suatu kejadian. Menstimulasi kemampuan berpikir logis pada masa pendemi membutuhkan media yang menarik bagi anak, salah satunya yaitu penggunaan media bahan alam. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis tentang implementasi penerapan media bahan alam pada kemampuan berpikir logis pada anak selama pembelajaran daring, respon guru dan anak serta kesulitan-kesulitan yang dialami oleh guru dan anak dalam menstimulasi kemampuan berpikir logis melalui media bahan alam selama pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 17 anak kelompok A KB. Miftahussalam. Metode pengumpulan data pada penelitian ini meliputi teknik observasi, wawancara, dan dokume ntasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa selama pembelajaran daring pemanfaatan media bahan alam dapat menstimulasi kemampuan berpikir logis anak berkembang dengan baik. Guru dan anak menunjukan respon baik dan antusias. Kesulitan yang dialami diantaranya kendala sinyal dan kuota, anak kurang mandiri dan guru kesulitan menilai perkembangan anak.

 

References

Apriliyanti, E. (2017). Efektivitas model kartu arisan dan metode TGT (Team Games Tournament) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Bahan Penyusun Benda kelas V di MI Futuhiyyah Mranggen tahun ajaran 2016/2017. (Doctoral dissertation, UIN Walisongo,2017).

Arini, I., & Fajarwati, A. [2020]. Media Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kemampuan Klasifikasi pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Visi. 15(2), 117-126.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Hanifah, T. M. N., & Atika, A. R. [2020]. Mengembangkan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Tebak Gambar. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(3). 199.

Harjanto, T., & Sumunar, D. S. E. W. [2018]. Tantangan Dan Peluang Pembelajaran Dalam Jaringan: Studi Kasus Implementas Elok (E-Learning: Open for Knowledge Sharing) Pada Mahasiswa Profesi Ners. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta. 5, 24-28.

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. [2020]. Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education). 4(2), 71-81.

Khaironi, M. [2020]. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Penggunaan Media Bahan Alam Pada Kelompok B. Jurnal Golden Age. 4(02), 261-266.

Kurniasari, I. [2018]. Hubungan Penggunaan Media Alam Sekitar dengan Kemampuan Berfikir Logis Anak Kelompok B di TK Kartika II-27 Bandar Lampung. [Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Bandar Lampung, 2018]

Novitasari, F., & Rakhmawati, N. I. S. [2020]. Pengembangan Domino Pintar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 4–5 Tahun. PAUD Teratai. 9(2).5

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Rijali, A. [2019]. Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah. 17(33), 81-95.

Suhendro, E. [2020]. Strategi Pembelajar an Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. 5(3), 133-140.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Surat Edaran Nomor 440/665 Disdik tentang Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada Satuan Pendidikan di Kabupaten Bandung Barat.

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. [2020]. Kompetensi pedagogik Guru PAUD dalam perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543-550.

Downloads

Published

2022-03-02