MEDIA RADIO SEBAGAI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Authors

  • Santika Maryaningsih Taman Kanak-kanak Al Istiqomah VII, Katapang, Kabupaten Bandung
  • Andrisyah Andrisyah

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i3.10511

Keywords:

Distance Learning, Radio Media, Creativity

Abstract

During the coronavirus pandemic, like now, teachers are required to be more creative in delivering the material to be taught. The media used must attract the interest of early childhood to participate in distance learning. Therefore, radio media was chosen as a means of delivering distance learning. The purpose of this study was to determine the extent to which the creative ability of early childhood children in distance learning through radio media was increased. The research method used is descriptive qualitative research, with research subjects consisting of five randomly selected students, with data collection techniques taken through observation, interviews, and documentation. The analysis technique used is data collection, data reduction, and data display. The results obtained in this study are the implementation of distance learning through radio media has an important role to increase creativity. Children's creativity, in general, can be increased by distance learning through radio media, there are changes compared to before with results marked by the basic character of children, namely the basis of kindness, great imitators, play, and curiosity, in this aspect of development children show an exploratory and probing attitude, and getting used to actively asking.

Pada masa pandemi virus corona seperti sekarang guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi yang akan diajarkan. Media yang digunakan harus menarik minat anak usia dini untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itu media radio dipilih sebagai sarana dalam menyampaikan pembelajaran jarak jauh. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan kreativitas anak usia dini pada  pembelajaran jarak jauh melalui media radio. Metode penelitian yang diambil adalah menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri dari lima orang peserta didik yang dipilih secara acak, dengan teknik pengumpulan data yang diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, dan display data. Hasil penelitian yang didapat dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui media radio mempunyai peran penting untuk meningkatkan kreativitas. Kreativitas anak pada umumnya dapat meningkat dengan pembelajaran jarak jauh melalui media radio, terdapat perubahan dibandingkan sebelumnya dengan hasil yang ditandai dengan karakter dasar anak yaitu dasar kebaikan, peniru ulung, bermain, dan rasa ingin tahu, pada aspek perkembangan ini anak menujukan sikap eksploratif dan menyelidik, dan mulai terbiasa aktif bertanya.

References

Damayanti, A. (2020). Peningkatan Kreativitas Berkarya Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis STEAM Dengan Media Loose Parts. Jurnal Buah Hati, 7(2), 74-90

Juhana. (2020). Pengembangan Ide dan Konsep Pembelajaran. Bandung: Guneman Mira, S & Rakhman, A. (2021). PERMAINAN KONSTRUKTIF DALAM MENANAMKAN KREATIVITAS ANAK PADA KELOMPOK B. Jurnal Ceria

(Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaftif),4(2), 160-166

Mulyani, N. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Bandung: PT Rosdakarya

Mulyasa. (2018). Manajemen PAUD. Bandung: PT Rosdakarya

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito Pakpahan, R & Fitriania, Y. (2020). ANALISA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA COVID-19. JISAMAR (Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 4(2), 30-36

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru ‘Copeâ€, 2 (2), 41-47

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Alfabeta.

Vidya, D. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini.Wacana Didaktika, 4(2),193-200

Yulianti, T. (2014). PERANAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI. STKIP Siliwangi Journals Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Lingkungan Sekolah, 3(1), 11-24

Downloads

Published

2022-05-13