MEDIA LOOSE PART PLAY DALAM MERANSANG PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

Authors

  • Ulfa Tia Ramlah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nurul Ilmi Jl. Natawijaya no 17 Kec. Regol - Bandung
  • Arifah A Riyanto Program Studi Pendidikan Masyarakat, Fakultasi Ilmu Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia
  • Lenny Nuraeni Program Studi Pendidikan Masyarakat, Fakultasi Ilmu Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i3.10521

Keywords:

Loose Parts Play, Cognitive Development, Early Childhood

Abstract

Giving stimulation to early childhood is very important for the growth of the relationship between brain nerve cells by stimulating aspects of their development. Aspects of development that must be developed are aspects of cognitive development. Developments that are included in the cognitive aspect are the development of problem solving, logical thinking and exploring objects to stimulate children's cognitive development using the loose parts play media. The media used by these students can be transferred, transported, put together, changed in various forms according to their own wishes, namely games using Loose Parts Play media. The media can be used independently or mixed with other materials. With their imagination using these media Children can build or design an activity with these materials. The purpose of writing this article is to describe the achievement of AUD cognitive development which is stimulated through Loose Parts Play media. Descriptive qualitative is the method that will be used in this research. Observation, interview and documentation are data collection techniques used and data analysis used is narrative. The subjects in this study were children of group B Paud Nurul Ilmi Bandung. The result is the achievement of children's cognitive development looks well developed. Thus, the conclusion of this study is about the achievement of cognitive development of early childhood children Nurul Ilmi Bandung.

Pemberian rangsangan pada Anak Usia Dini sangat penting untuk pertumbuhan hubungan antar sel syaraf otak dengan menstimulus aspek perkembangannya. Aspek perkembangan yang harus dikembangkan yaitu aspek perkembangan kognitif. Perkembangan yang termasuk dalam aspek kognitif adalah perkembangan memecahkan masalah, berpikir logis dan mengeksplorasi benda untuk meransang perkembangan kognitif anak menggunakan media loose parts play tersebut. Media yang dipakai oleh peserta didik tersebut bisa dialihkan, diangkut, disatukan, diubah dengan berbagai macam bentuk sesuai keinginannya sendiri yaitu permainan menggunakan media Loose Parts Play. Media tersebut bisa dipergunakan secara mandiri ataupun dicampurkan dengan bahan lain. Dengan imajinasi mereka menggunakan media tersebut Anak Anak dapat membangun atau merancang suatu kegiatan dengan bahan-bahan tersebut. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan tentang pencapaian perkembangan kognitif AUD yang diransang melalui media Loose Parts Play. Kualitatif deskriptif adalah metode yang akan digunakan dalam penelitian ini. Observasi, wawancara dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan data yang digunakan dan analisis data yang digunakan adalah naratif. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok B Paud Nurul Ilmi Bandung. Hasilnya adalah pencapaian perkembangan kognitif anak terlihat berkembang dengan baik. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah mengenai pencapaian perkembangan kognitif anak Paud Nurul ilmi Bandung.  

References

Azizah, SN., Munawar., & Chandra. A. (2020) Analisi Metaphoring Melalui Media loose parts Pada Anak Usia Dini Kelompok B Paud Unggulan taman Belia Candi Semarang. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUDIA), 9, (1) 67

Gibson, J. L., Cornell, M., & Gill, T. (2017). A Systematic Review of Research into the Impact of Loose Parts Play on Children's Cognitive, Social and Emotional Development. School mental health. Journal of Early Childenhood Cane and Education. 9(4), 295-309.

Gultom, H., Sirodjudi, M. K., & Windarsih, C.A. (2020). Pembelajaran Cooking Class Melalui Metode Steam untuk Meningkatkan Asupan Gizi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3 (6), 109.

Siskawati & herawati (2021) Evektivitas media loose parts di Paud kelompok A pada masa belajar dari rumah. Jurnal Pendidikan luar sekolah. 15 (1), 44-45

Khadijah, M (2016) Pengembangan kognitif anak usia dini Medan: Perdana publishing, Kelompok penerbit perdana mulya sarana.

Kusumawardani, R., Rosidah, L., Dina, R., Wardhani, K., Raharja, R.M., Universitas, F. dan Ageng, S. (2018), Profil Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun, Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS - Vol. 13, No. 1, Juni 2018, 13(1), PP. 11–16.

Nuraeni, L. (2015). Pemerolehan morfologi (VERBA) pada anak usia 3,4 dan 5 tahun (suatu kajian neuro psikolinguistik) Jurnal Ceria Ikip siliwangi. 1 (1), 23-24.

Munawar, M., Roshayanti, F., & Sugiyanti, S. (2019). Implementation of STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics)-based early childhood education learning in Semarang City. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 276-285.

Suyadi & Ulfah M. (2017) Konsep Dasar Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sutton, M. J. (2011). In the hand and mind: The intersection of loose parts and imagination in evocative settings for young children. Children Youth and Environments. Jurnal PAUDIA 21(2), 408-428

Sujiono. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Yuliani. (2009). Perkembanan kognitif menurut para ahli. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1) 47-48

Downloads

Published

2022-05-26