PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN DENGAN MEDIA MONOPOLI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Wati Handayani(1*), Ifat Fatimah Zahro(2)

(1) Pos PAUD Marifatullah Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang
(2) Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi
(*) Corresponding Author

Abstract


The importance of a mathematical concept for children to master in pre-school for the provision of later in the future. Therefore, the use of monopoly media for learning activities is to improve understanding of the concept of numbers. The purpose of this study is to provide an overview of the implementation of learning the concept of numbers using monopoly media for children aged 5-6 years. In this study using a qualitative descriptive study with 5-6 year old subjects at the Marifatullah PAUD Karawang Post, totaling 5 children. Data collection techniques using interviews, observation and documentation. Analysis technique: data reduction, data display, conclusion drawing or verification, and triangulation. The results of research in carrying out learning activities using monopoly media can provide an understanding of the concept of numbers, namely being able to mention numbers, being able to match numbers with number symbols and being able to add up numbers in learning activities with monopoly media determined by two dice.

Pentingnya suatu konsep matematika untuk anak kuasai dimasa pra sekolah untuk bekal nanti dimasa yang akan datang. Oleh karena itu penggunaan media monopoli untuk kegiatan belajar untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan. Tujuan penelitian ini  untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan pembelajaran konsep bilangan dengan menggunakan media  monopoli pada anak usia 5-6 tahun. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 5-6 tahun di Pos PAUD Marifatullah Karawang yang berjumlah 5 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis: reduksi data, display data, pengambil kesimpulan atau verifikasi, dan triangulasi. Hasil penelitian dalam melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media monopoli dapat memberi pemahaman tentang konsep bilangan, yaitu dapat menyebutkan bilangan, dapat mencocokkan antara bilangan dengan lambang bilangan dan dapat menjumlahkan bilangan pada kegiatan pembelajaran dengan media monopoli yang ditentukan oleh dua buah mata dadu.


Keywords


Number Concept; Monopoly Media; Early Chilhood

Full Text:

PDF

References


Aryani, N. (2015). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Potensia, 14(02), 213–230. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/ potensia/article/download/3187/2415

Astutik, Y.D., Ridwan, R & Utomo, H. B. Peran Guru Dalam Peningkatan Kemam- puan Berhitung 1-10 Melalui Permainan Fruits Monopoly pada Anak Usia Dini. 2020. PhD Thesis. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Bodedarsyah, A., & Yulianti, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia Dini Kelompok A (Usia 4-5 Tahun) Dengan Media Pembelajaran Lesung Angka. Ceria (Cerdas, Energik, Responsif, Inovatif Adaptif), 2(6), 354-58.Hanim, L. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILAN- GAN DENGAN MEDIA MONOPOLI MODIFIKASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL VIRTUE SIDOARJO. PAUD Teratai, 6(1), 1-4.

Nurjanah, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Dan Operasi Bilangan Anak Usia Dini. Tu- nas Siliwangi, 3(2), 105–119.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Pratiwi, W. (2017). Konsep bermain pada anak usia dini. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106-117.

Sriningsih, N. (2008). Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Ban- dung: Pustaka Media

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabe- ta.

Susilawati, S. (2020). Pembelajaran yang Menumbuhkembangkan Karakter Religius pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 14–19. https:// doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46

UU Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 14. (n.d.).




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v5i3.10522

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ceria is published by PG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building H, First Floor, Room H-3

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id or jurnalceriapaud@gmail.com


Click to access: Ceria Journal

 

P-ISSN: 2614-6347

E-ISSN: 2614-4107

View My Stats