PEMBELAJARAN DARING DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN LOMPAT TALI

Authors

  • Widia Widianingsih Kober Tanbihul Ghafilin, Kab. Garut, Indonesia
  • Arifah A Riyanto Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia
  • Syah Khalif Alam Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i4.10762

Keywords:

Online Learning, Gross Motor Skills, Jump Rope Games

Abstract

The study aims to describe the scenario and implementation of online learning in developing early childhood gross motor skills through jumping rope in Kober Tanbihul Ghafilin, the 2020/2021 school year, because game activities in online learning are less varied and interesting for children and interesting to the child.  The study used qualitative descriptive methods with the study subjects of 12 group Achildren in Kober Tanbihul Ghafilin. Techniques in the collection of research data in the form of observations, interviews and documentation. Data analysis is in the form of data reduction activities, data displays and conclusion withdrawal. Based on the results of research on the ground that the scenario and implementation of online learning has been done in accordance with the learning steps. And the results showed that with jump rope games early childhood gross motor skills in online learning can develop well, because this game is a fun activity for children. So that children are able to coordinate hand movements of the eyes and feet, able to increase the strength and flexibility of the child's muscles, and become a solution for teachers in delivering innovative and creative learning.

Kajian dalam Penelitian ini adalah bertujuan untuk mendeskripsikan skenario dan implementasi pembelajaran daring dalam mengembangkan keterampilan motorik kasar anak usia dini melaluipermainan lompat tali di Kober Tanbihul Ghafilin, tahun pelajaran 2020/2021, karena kegiatan permainan dalam pembelajaran daring kurang bervariasi dan menarik bagi anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian anak kelompok Ayang berjumlah 12 anak di Kober Tanbihul Ghafilin. Teknik dalam pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya berupa aktivitas reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan bahwaskenario dan implementasi pembelajaran daring sudah dilakukan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran dan hasil penelitian menunjukan bahwa dengan permainan lompat taliketerampilan motorik kasar anak usia dini dalam pembelajaran daring dapat berkembang dengan baik, karenapermainan ini merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Sehingga anak mampu mengkoordinasikan gerakan tangan mata dan kaki, mampu meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot anak, sertamenjadi solusi bagi guru dalam menyampaikan pembelajaran yang inovatif dan kreatif.


References

Alam, S. K., & Lestari, R. H. [2019]. Pengembangan kemampuan bahasa reseptif anak usia dini dalam memperkenalkan bahasa inggris melalui flash card. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1).

Alam, S. K. (2018). Efforts to increase the group of teacher competency through the teacher work groups in central bakung cimahi. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 5(2), 106-113.

Asmidarwati, A., Salmiati, S., & Rahmat, Z. [2021]. Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak Dalam Pembelajaran Daring Pada Anak TK Save The Kids Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1).

Dewi, W. A. F. [2020]. Dampak Covid 19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1),55-61.

Ernawati, R. (2018). Kemampuan Motorik Kasar dan Penerapan Permainan Tradisional pada Anak Usia Dini TK Dharma Wanita Kedungwilut Kelompok A. Skripsi. Hlm 23.

Fadlillah, M. (2019). Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Jakarta: Prenada Media.

Hanifah, T. M. N., & Atika, A. R. [2020]. Mengembangkan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Tebak Gambar. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(3).199.

Kusumawati, O. [2017]. Pengaruh permainan tradisional terhadap peningkatan kemampuan gerak dasar siswa sekolah dasar kelas bawah. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 124-142.

Khairi, H. [2018]. Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2),16.

Permendikbud. (2013). Permendikbud No.65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan budayaan.

Sahidun, N. [2018]. Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Permainan Tradisional. JECCE (Journal of Early Childhood Care and Education), 1(1), 13-17.

Sutriana, Johanes,. S dan Kuniah,. N. [2019]. Penerapan Metode Demontrasi Dalam Permainan Tradisioanla Untuk Mening katkan Ketetrampilan Sosial Dan Motorik Kasar (Studi Pada Siswa PAUD Semarak Sanggar, Arga Makmur).†8(1).

Putri, O. M., Qalbi, Z., Delrefi, D., & Putera, R. F. [2021]. Pengaruh Permainan Lompat TaliTerhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 8(1), 46 55.

Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suhartini,. S, & Jarwoko,. J [2018]. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Pada Usia 5-6 Tahun Di PAUD Tunas Mekar Plus Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(2),55-68.

Suryana, D. (2018). Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Windarsih, C. A. [2017]. Aplikasi Teori Umpan Balik (Feedback) Dalam Pembelajaran Motorik Pada Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 20-29.

Downloads

Published

2022-07-05