STIMULASI KECERDASAN NATURALIS ANAK MELALUI KEGIATAN BERCOCOK TANAM SELAMA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Hotiah Hotiah Kelompok Bermain (KB) Thoriqul Atfal, Kab. Garut, Jawa Barat, Indonesia
  • Ema Aprianti Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultasi Ilmu Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i3.10967

Keywords:

Naturalist Intelligence, Farming, Online Learning

Abstract

Early childhood is a child who is in need of various efforts to achieve optimal development, both psychological and physical development, especially in stimulating the intelligence possessed by children. One of the intelligences that must be stimulated in early childhood is naturalist intelligence. Stimulating naturalist intelligence during a pandemic requires interesting activities for children, one of which is the application of farming activities. This article aims to analyze the implementation of farming in stimulating naturalist intelligence in children during online learning. The research method used is descriptive qualitative research method with research subjects aged 5-6 years, totaling 12 children in group B in family planning. Thoriqul Atfal. Data collection methods in this study include observation, interview, and documentation techniques. The data analysis technique uses data reduction techniques, data presentation, and drawing conclusions. Based on this research, it was found that during online learning the application of farming activities can stimulate children's naturalist intelligence to develop well. The stimulated ability is that the child is able to recognize plants by type, the child is able to take care of the planted plants, and is able to determine the required weather quality.

Anak usia dini adalah anak yang sedang membutuhkan berbagai upaya guna mencapai perkembangan yang optimal, baik perkembangan psikis dan fisik terutama dalam menstimulasi kecerdasan yang dimiliki oleh anak. Salah satu kecerdasan yang harus distimulasi pada anak usia dini adalah kecerdasan naturalis. Menstimulasi kecerdasan naturalis pada masa pendemi membutuhkan kegiatan yang menarik bagi anak, salah satunya yaitu penerapan kegiatan bercocok tanam. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan skenario dan implementasi kecerdasan naturalis anak melalui kegiatan bercocok tanam selama pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 12 anak kelompok B di KB.  Thoriqul Atfal. Metode pengumpulan data pada penelitian ini meliputi teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa selama pembelajaran daring penerapan kegiatan bercocok tanam dapat menstimulasi kecerdasan naturalis anak berkembang dengan baik. Kemampuan yang terstimulasi yaitu anak mampu mengenal tanaman berdasarkan jenis, anak mampu merawat tumbuhan yang ditanam, mampu menentukan kualitas cuaca yang dibutuhkan. 


References

Apriliyanti, E. (2017). Efektivitas model kartu arisan dan metode TGT (Team Games Tournament) ter-hadap hasil belajar peserta didik pa-da materi Bahan Penyusun Benda kelas V di MI Futuhiyyah Mrang-gen tahun ajaran 2016/2017. (Doctoral dissertation, UIN Walisongo,2017).

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Pem-belajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Hanifah, T. M. N., & Atika, A. R. [2020]. Mengembangkan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Tebak Gambar. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(3). 199.

Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. [2019]. Meningkatkan Kecer-dasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Po-tensia, 4(1), 22-31.

Rijali, A. [2019]. Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah. 17(33), 81-95.

Saripudin, A. [2017]. Strategi Pengem-bangan kecerdasan naturalis pada anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).

Susilawati, L., & Nafiqoh, H. [2019]. Penerapan Metode Tata Cara Me-nanam Tanaman Mentimun Ter-hadap Stimulasi Kecerdasan Natu-ralis Anak Usia Dini. CERIA (Cer-das Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 316-322.

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. [2020]. Kompetensi pedagogik Guru PAUD dalam perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543-550.

Susanto, A.2017.Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta:PT Bumi Aksara.

Utami, F. [2020]. Pengaruh Metode Pembelajaran Outing Class ter-hadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 551-558.

Yasbiati, Y., Giyartini, R., & Lutfiana, A. [2017]. Upaya meningkatkan kecerdasan naturalis melalui kegiatan bercocok tanam di bambim Al-Abror kecamatan mangkubumi kota tasikmalaya. Jurnal PAUD agapedia, 1(2), 203-213.

Downloads

Published

2022-06-11