STIMULASI KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA DINI MELALUI CELENGAN HURUF DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Fitria Tunnazah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultasi Ilmu Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.
  • Lenny Nuraeni Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultasi Ilmu Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i4.11021

Keywords:

Early Litercy, Early Childhood, The Piggy Bank Alphabet, Covid-19 Pandemic

Abstract

Early literacy is a process of recognizing vowels and consonants in preparation for a child's reading ability. Introducing early literacy to early childhood should be done through fun game activities. Facts in the field show that there are still many early childhood who have difficulty in recognizing early literacy, so researchers are encouraged to conduct research and create an educational media that can stimulate early literacy skills in early childhood, especially during this Covid-19 Pandemic, which requires children to carry out online learning or online at home. The purpose of this study is to stimulate early literacy skills so that children can master the ability to recognize letters, read words, write letters, imitate sentences, and other literacy skills. This study uses a qualitative method with a case study approach. The subject of the study was a 6-year-old boy who was identified as having difficulty recognizing literacy. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation studies. Data analysis used is data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that piggy bank alphabets can stimulate early childhood literacy skills, including children can recognize and name some letter symbols, write their own names and read 1-2 syllables. 

Keaksaraan awal merupakan suatu proses dalam mengenal huruf vokal maupun konsonan sebagai persiapan untuk kemampuan membaca anak. Mengenalkan keaksaraan awal pada anak usia dini sebaiknya dilakukan melalui aktivitas permainan yang menyenangkan. Fakta dilapangan menunjukkan masih banyaknya anak usia dini yang mengalami kesulitan dalam mengenal keaksaraan awal, sehingga peneliti terdorong untuk melakukan penelitian dan menciptakan suatu media edukatif yang dapat menstimulasi kemampuan keaksaraan awal pada anak usia dini, khususnya di masa Pandemi Covid-19 ini, yang mengharuskan anak untuk melaksanakan pembelajaran secara daringatau online di rumah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menstimulasi kemampuan keaksaraan awalagar anak dapat menguasai kemampuan dalam mengenal huruf, membaca kata, menulis huruf, meniru kalimat dan kemampuan keaksaraan lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Subjek penelitian adalah anak laki-laki berusia 6 tahun yang teridentifikasi mengalami kesulitan dalam mengenal keaksaraan.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celengan huruf dapat menstimulasi kemampuan keaksaraan awal anak usia dini, diantaranya anak dapat mengenal dan menyebutkan beberapa simbol huruf, menulis namanya sendiri serta membaca 1-2 suku kata.  

References

Amini. [2016]. Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Reseptif Anak Melalui Pola Suku Kata di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak. 5 (1), pp 673-683

Anggun PAUD. Keaksaraan Awal. [2016, Desember 7]. Ruang Guru PAUD. Retrieved Juni 25, 2021. from: Anggun PAUD - Ruang Guru dalam Jaringan (kemdikbud.go.id)

Hadini, N. [2017]. Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Jurnal EMPOWERMENT. 6 (1), pp 19-24

Hartono, J. (2018). Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Yogyakarta: ANDI

Iftitah, S. (2019). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Pamekasan: Duta Media Publishing

Listriani, A. Hapidin., Sumadi, T. [2021]. Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi. 5 (1), pp 591-598

Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: KENCANA

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: DEEPUBLISH

Nafiqoh, H., Aprianti, E., Rohaeti., E. [2019]. Peningkatan Keaksaraan Awal dan Pengenalan Kemampuan Berhitung Dasar Anak Usia Dini dengan Menggunakan Model Maya Hasyim. Golden Age Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3 (1), pp 9-15

Sari, A. [2018]. Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Melalui Berbagai Metode dengan Kegiatan Bervariasi Pada Kelompok B RA AL-Fityah Pekan Baru. Journal of Islamic Early Childhood Education. 1(1). Pp 1-20 Retrieved from: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/download/5490/3228

Sutisna, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Bidang Pendidikan. Jakarta: UNJ Press

Syofiati, N. (2019) Implementasi mengenal Keaksraan Awal Anak Usia Dini. [2019, Juli 29]. BP PAUD Dikmas Sumatra Barat. Retrieved Juni 30, 2021, from: BP PAUD DIKMAS SUMBAR (kemdikbud.go.id)

Wikipedia: Celengan. [2018]. Wikipedia. Retrieved Juni 26, 2021, from: Celengan - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Downloads

Published

2022-08-06