BERSYUKUR KEPADA ALLAH MELALUI METODE TALQIYAN FIKTIYYAN UNTUK ANAK USIA DINI

Lina Aidah(1*), Dedah Jumiatin(2)

(1) Taman Kanak-kanak QuraniKids, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultasi Ilmu Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.
(*) Corresponding Author

Abstract


This research departs from the ineffective use of methods that have been applied in education in Indonesia, it was marked by the number of children who do not have intelligence in understanding the essence of Allah SWT. The purpose of this study was to investigate the implementation of the talqiyan fikriyyan method in Quranikids Kindergarten. The method used in this research is a descriptive-analytical method with research instruments are observations and interviews with grade A, teachers, principals, and parents of students at Tk Quranikids Cianjur, and the form of data analysis used is reducing data, presenting data (analyzing) and drawing conclusions. The result from the observations at the Quranikids Kindergarten on the talqiyan fikriyyan method seen that students can understand gratitude through sensing the existing facts that make students happy in doing good deeds. Meanwhile, the results from the interviews with the object of research namely, principals, teachers, and parents of students, it can be seen that the talqiyan fikriyyan method is very effective in forming gratitude in early childhood, which makes these students happy in doing good deeds and worship as gratitude to Allah SWT.

 

Penelitian ini bertolak dari kurang efektifnya penggunaan metode yang selama ini diterapkan dalam pendidikan yang ada di Indonesia, hal ini ditandai dengan masih banyaknya anak yang tidak memiliki rasasyukur dalam memahami dzat Allah SWT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menumbuhkan rasa syukur anak dengan menerapkan metode talqiyan fikriyyan di TK Quranikids.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik dengan instrument penelitian berupa observasi dan wawancarapada anak kelas A, kepala sekolah dan orang tua peserta didik di Tk Quranikids Cianjur dan bentuk analisa data yang digunakan yaitu dengan cara mereduksi data, penyajian data (Menganalisa) serta penarikan kesimpulan.  Dari hasilobservasi yang dilakukan di TK Quranikids terhadap metode talqiyan fikriyyanterlihat bahwa anak dapat memahami rasa syukur melalui pengindraan terhadap fakta yang ada sehingga membuat anaksenang dalam melakukan amal shaleh. Sementara dari hasil wawancara terhadap objek penelitian yaitu, kepala sekolah, guru, orang tua dan anak dapat diketahui bahwa, pengaplikasian metode talqiyan fikriyyanini sangat efektif dalam membentuk rasa syukur pada anak usia dini, yang membuat anaktersebut senang dalam melakukan amal shaleh dan beribadah, sebagai rasa syukur kepada Allah SWT.


Keywords


Talqiyan Fikriyyan Method; Gratitude

Full Text:

PDF

References


An Nabhani, T. (2008). Hakekat Berpikir.Bogor.Pustaka Thariqul Izzah.

Anggraini, F., Lestari, P., Lestari, I. D., & Riko. (2021). Pola Pendampingan Orang Tua Dalam Pembelajaran Online Anak Di Tengah Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK, 5 NO.1, 846–850.

Aryani, N. (2015). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 213–227. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/3187

Fitroh, S. F., & Sawitri. (2019). Peran orang tua dalam kegiatan parenting guna mengembangkan kecerdasan spiritual anak di sekolah (studi kasus pada ibu dari anak usia 5-6 tahun di tk ulil albab kamal). Jurnal Tunas Siliwangi, 5(1), 1–7.

Haryanto, H. C., & Kertamuda, F. E. (2016). Syukur Sebagai Sebuah Pemaknaan. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 18(2), 109. https://doi.org/10.26486/psikologi.v18i2.395

Muh. Sholeh (2010). Implementasi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Pada Materi Penginderaan Jauh. Jurnal Geografi. 7 (2)

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Rocmah, L. I., & Sidoarjo, U. M. (2012). Model Pembelajaran Outbound Untuk. 1(2), 173–188.

Shaleh, M., & Anhusadar, L. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2158–2167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1139

Azzahra,Z. (2019). Perancangan Informasi Rasa Syukur Pada Anak Islam Usia Dini Melalui Media Buku Pop Up. Other thesis, Universitas Komputer Indonesia. from, http://elbrary.unikom.ac.id/id/eprint/2297




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v5i4.11037

Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ceria is published by PG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building H, First Floor, Room H-3

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id or jurnalceriapaud@gmail.com


Click to access: Ceria Journal

 

P-ISSN: 2614-6347

E-ISSN: 2614-4107

View My Stats