BELAJAR DARI RUMAH : IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK KELOMPOK B
(1) Raudhatul Athfal (RA) Darurrohman, Kabupaten Bandung Barat, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultasi Ilmu Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.
(*) Corresponding Author
Abstract
This study aims to describe learningactivitiesfrom homethrough experimental methods to improve children's naturalist intelligence, by describing educators' strategies in carrying out their duties. In this experimental method, activities are carried out in the home environment by utilizing media that are already available at home, the activities carried out with parents are expected to increase naturalist intelligence and cooperation between children and parents. In this study, the researcher used a qualitative approach with a descriptive method. This research was conducted with 11 children as research subjects in group B RA Darurrohman Cihampelas. Excavation of data and information is done through interviews and documentation. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, conclusion drawing and verification. The results showed that the experimental method activities can improve children's naturalist intelligence. Children feel happy with the activities carried out in this home environment, children can recognize types of plants, how to plant and how to care for them. In this case, the task of educators undergoes changes in the implementation of learning strategies, namely involving parents of students. So educators and parents will help each other in the implementation of the teaching and learning process. Therefore, learning from home using the experimental method is felt to be able to increase the naturalist intelligence of children
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan belajar dari rumah melalui metode eksperimen untukmeningkatkan kecerdasan naturalis anak.Dengan mendeskripsikan strategi pendidik dalam melaksanakan tugasnya. Dalam metode eksperimen ini kegiatan dilakukan dilingkungan rumah dengan memanfaatkan media yang sudah tersedia di rumah,kegiatan yang di lakukan beserta orang tua diharapkan dapat meningkatkan kecerdasaan naturalis serta kerjasama antara anak dengan orang tua.Dalam Penelitian ini peneliti menggunakanpendekatan kualitatif dengan metodedeskriptif . Penelitian ini dilaksanakan dengan subjek penelitian sebanyak 11 Anak pada kelompok B RA Darurrohman Cihampelas. Penggalian data dan informasi dilakukan melaluiwawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kegiatan metode eksperimen dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak.Anak merasa senang dengan kegiatan yang dilakukan di lingkungan rumah ini,anak bisa mengenali jenis tanaman,cara menanam dan cara merawatnya. Dalam hal initugas pendidik mengalami perubahan dalam strategi pelaksanaan pembelajarannya,yaitu melibatkan orang tua peserta didik. Jadi pendidik beserta orang tua akan saling membantu dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Oleh karena itu belajar dari rumahdengan mengunakan metode eksperimen dirasa akan bisa meningkatkan kecerdasan naturalis anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan,7(4),pp.281-288
Anggraeni, D.(2017),MENINGKATKAN KECEERDASAN NATURALIS ANAK USIA DINI MELALUI EKSPLORASI TANAMAN. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,1(2) ,pp.137-146
Cahyaningsih,K.W.,Debita.,D.,&Rohmalina.(2019)MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN METODE EKSPERIMEN BERCOCOK TANAM DI KELOMPOK B. CERIA(Ceria Energik Responsif Inovatif Adaptif ),2(4)pp.115-121.
Djamarah,B.,S., & Zain,A.(2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta : PT Cipta.
Hasan, S.V. ( 2020 ). IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERINTIS PUTRA SUNGKAI KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN.(Skripsi, Universitas Islam Negri Raden Intan Lmapung,2020) Retrived From http://repository.radenintan.ac.id
Koesoema, D. (2007) Pendidikan Karakter. Jakarta : Grasindo
Mulyasa,H.E. (2020). Strategi pembelajaran PAUD. Jakarta: Bumi Aksara
Musbikin, I. (2010). Buku pintar PAUD. Yogyakarta: Laksana.
Naim, N. (2012). Character building. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sujiono, Y. N. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT indeks.
Sefrina, A.(2013). Deteks...Minat Bakat Anak, Jakarta : PT Buku Seru.
DOI: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v5i4.11135
Article Metrics
Abstract view : 93 timesPDF - 43 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria is published by PG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia
Publisher Address:
Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi
Building H, First Floor, Room H-3
IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526
Telp/Fax: (022) 6629913,
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id or jurnalceriapaud@gmail.com
Click to access: Ceria Journal
P-ISSN: 2614-6347
E-ISSN: 2614-4107
View My Stats