PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PASIR KINETIK

Authors

  • Yusti Holidah Agustin Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultasi Ilmu Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.
  • Sharina Munggaraning Westhisi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultasi Ilmu Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i4.11294

Keywords:

Online Learning, Creativity, Play, Kinetic Sand

Abstract

Creativity is one of the potentials that children have that needs to be developed from an early age. In online learning to foster children’s creativity, methods are needed that can encourage children to be interested, and to create creative ideas. During the process of learning activities at home, children will feel bored with the tasks given, children need fun activities such as playing. Playing for all children is something that is very liked, every day they will not be separated from playing. The purpose of this study was to determine the achievements of online learning development to foster early childhood kinetic sand playing activities in group B at RA As-Sa’idiyyah. The method used in this research is descriptive qualitative with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The subjects of this study were group B children in RA As-Sa’idiyyah with 5 girls and 5 boys. Data analysis techniques in this study are data reduction, data presentation/display, and drawing conclusions or data verification. Online learning to foster creativity in early childhood through kinetic sand playing activities went well and got a good response from children. The results of this study can be concluded that one of the activities that can be done to foster creativity in early childhood is playing with kinetic sand.

Kreativitas merupakan salah satu potensi yang dimiliki anak yang perlu dikembangkan sejak dini. Dalam pembelajaran daring untuk menumbuhkan kreativitas anak dibutuhkan metode yang mampu mendorong agar anak berminat, untuk menciptakan ide-ide kreatif. Selama proses kegiatan pembelajaran di rumah, anak akan merasa bosan dengan tugas-tugas yang diberikan, anak perlu kegiatan yang menyenangkan seperti bermain. Bermain bagi semua anak merupakan hal yang sangat disukai, setiap hari mereka tidak akan lepas dari bermain.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui capaian perkembangan pembelajaran daring untuk menumbuhkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan bermain pasir kinetik pada kelompok B di RA As-Sa’idiyyah.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah anakkelompok B di RA As-Sa’idiyyah dengan jumlah 5 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Teknik analisisdata dalam penelitianinireduksidata, penyajiandata/display,dan penarik kesimpulan atau verfikasi data.Pembelajaran daring untuk menumbuhkan kreativtas anak usia dini  melalui kegiatan bermain pasir kinetik berjalan dengan baik dan mendapatkan respon yang baik dari anak. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan kreativitas anak usia dini dengan kegiatan bermain pasir kinetik. 

References

Ernawati, W. (2019). MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MEMBATIK JUMPUTAN DI TK ISLAM TARBIYATUL BANIN 22 KOTA SALATIGA. Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA, 2(14), 193-205.

Fadlillah, M. (2019). Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Prenada Media.

Khamaliyah, A., Fatimah, A., & Kusumawardani, R. (2019). Pengaruh bermain pasir kinetik terhadap Kreativitas Anak. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 21-28.

Miles, M. B. & M, Huberman. (1992).Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Mulyani, N. 2019.Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyati, S. (2013). Meningkatkan Kreativitas pada Anak. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 2(02), 124-129.

Rahmatunnisa, S., & Halimah, S. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 4–5 Tahun Melalui Bermain Pasir. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 67-82.

Sugianti, F. (2012). Pengaruh Kegiatan Bermain Terhadap Motivasi Belajar Anak Pada Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Karangasem Tahun Pelajaran 2012-2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sugiyono. (2017) .Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta.

Surat Edaran Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia NO 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19).

Takahopekang, C. R., Danjie, F. E. K., & Nafiqoh, H. (2020). Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Pasir Ajaib. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(2), 181-189.

Wahyuni, S. (2017). PENGARUH BERMAIN MEDIA PASIR TERHADAP KREATIVITAS PADA ANAK DI KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA 2 PALEMBANG. Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD, 4(2), 66-74.

Yuliani N, & Bambang. (2010).Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Downloads

Published

2022-07-27