MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI METODE PRACTICAL LIFE

Authors

  • Anita Galih Kusmah Starbright FLC, Bandung, Indonesia
  • Komala Komala Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i4.11321

Keywords:

Fine Motor Improvement, Practical Life Method

Abstract

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh anak usia dini adalah keterampilan motorik halus, dimana anak harus mempunyai keterampilan menggerakan yang melibatkan otot-otot halus dengan koordinasi mata dan tangan sehingga mempunyai pengendalian yang baik. Disalah satu taman kanak-kanak yang ada di kota bandung terlihat motorik halus anak masih dibawah rata-rata peneliti bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak khususnya pada kelompok A ditaman kanak-kanak tersebut dengan menggunakan metode practical Lifedengan kegiatan sederhana yang bisa dilakukan dirumah bersama orangtua, dengan adanya keterlibatan antara guru dan orangtua agar pembelajaran berlangsung dan pencapaian perkembangan sesuai dengan harapan.  Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Adapun teknik penelitian ini adalah observasi dengan analisis data kualitatif dansubjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini kelompok A dengan jumlah 10 orang anak yaitu 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan,untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak dengan metode practicallifedengan kegiatan sederhana yaitu membereskan peralatan makannya sendiri. Dengan kegiatan tersebut peneliti mendapatkan hasil akhir 90% keterampilan motorik halus anak meningkat. 

One skill that must be owned by early childhood is a fine mo-toric skill, where children must have the skills to move that involve subtle muscles with eye and hand coordination so that they have good control. One of the kinds of kindergartens in the city of Bandung looks fine motorbike children still below the average researcher aims to increase the child's balance on a motorbike, especially in the group A in the kindergarten using the Practical Life method with a simple activity that can be done at the house of parents, the involvement between teachers and parents so that learning takes place and the achievement of development by expectations. This research technique is observation with analysis of qualitative data and subjects in this study are early childhood children with several 10 children, namely 5 boys and 5 girls, un-to improves a child's fine motor skills with the Practical Life method With simple activities, namely cleaning its tableware. With the activities of the researchers get the final results of 90% of child's fine motor skills increase.

References

Carlson, A. G., Rowe, E., & Curby, T. W. (2013). Disentangling fine motor skills’ relations to academic achievement: The relative contributions of visual-spatial integration and visual-motor coordination. The Journal of genetic psychology, 174(5), 514–533.

Creswell, J. W. (2014). Qualitatif Inquiry and Research Design. Sage Publica-tions, Inc: California.

Dini, Sari, D. (1996) pengertian motorik halus. Retreived 11 februari 2020 from :

https://www.google.com/search?q=pengertian+motorik+halus+anak+usia+dini+menurut+ahli&sxsrf=AOaemvLbY7-GWEZl-zItnE9_yMMBcmys2Uw%3A1634004714331&ei=6u5kYfa8E8yR9QOhybCgBA

Isjoni. (2012). Pengertian Practical Life

Retreived 12 september 2020 from :

https://www.google.com/search?q=practi-cal+life+menurut+para+ahli&oq=practi-cal+life+menurut+para+ahli&aqs=chrome..69i57.9485j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8

Manispal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta : Gramedia Montessori, M.(2013). Metode Montessori. Terj. Gerald Lee Gutek. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Mushlihatun, (2017). tahapan tindakan penelitian kelas. Retreived juli 8, 2021, from :

https://www.msyarifah.my.id/tahap-penelitian-tindakan-kelas-siklus-penelitian

Morison, S. G. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT Indeks. Pickering, S. J. (2004). Helpping Students With Learning Differences Through the Practical Life curriculum. Montessori LIFE.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Sunarti, (2018). PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI PADA ANAK MELALUI METODE MONTESSORI DI TK ALMARHAMAH CIMAHI CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(2), 7-8

https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/1594/pdf#

Sugiyono, (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-07-27