IMPLEMENTASI GERAK DAN LAGU DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Era Citra Dewi Togatorop Taman Kanak-kanak Islam An-Nabillah, Kab. Bandung Barat, Indonesia
  • Ririn Hunafa Lestari Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i4.11540

Keywords:

Gross Motor Development, Movement and Song, Online Learning

Abstract

Gross motor development in early childhood is as important as other aspects of development, so it needs to be stimulated. Stimuli can develop gross motor development through movement and song. Motion and song are learning activities by moving the body to the rhythm or lyrics of the song. With the Covid-19 outbreak, movement and song activities are carried out through online learning, namely distance learning that uses electronic media with internet technology as a teacher's effort to improve children's gross motor development. Therefore, this study aimed to determine the implementation of movements and songs in improving early childhood gross motor development through online learning. The research method used is a descriptive research method with a qualitative approach involving 15 students as research subjects. Observations, interviews, and documentation are methods used in data collection and research instruments. Data processing uses thematic analysis supported by simple calculation results using Microsoft Excel. The results conclude that movement and song activities can improve gross motor development in early childhood through online learning.

Perkembangan motorik kasar pada anak usia dini sama pentingnya dengan aspek perkembangan yang lain, sehingga perlu dirangsang. Rangsangan yang dapat mengembangkan perkembangan motorik kasar melalui gerak dan lagu. Gerak dan lagu merupakan pembelajaran dengan kegiatan menggerakkan tubuh mengikuti irama atau lirik lagu. Dengan mewabahnya Covid-19, kegiatan gerak dan lagu dilakukan melalui pembelajaran daring yaitu pembelajaran jarak jauh yang menggunakan media elektronik dengan teknologi internet sebagai upaya guru untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar anak. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi gerak dan lagu dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia dini melalui pembelajaran daring. Penggunaan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini melibatkan 15 orang peserta didik sebagai subjek penelitian. Observasi, wawancara dan dokumentasi merupakan cara yang digunakan dalam pengumpulan data yang juga merupakan alat instrument penelitian. Pengolahan data menggunakan analisis tematik yang didukung dengan hasil perhitungan sederhana menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menujukkan kesimpulan bahwa kegiatan gerak dan lagu dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar pada anak usia dini melalui pembelajaran daring.

References

Komaini, A. ( 2018). Kemampuan Motor-ik Kasar Anak Usia Dini. Bandung: PT. RajaGrafindo Persada.

Diah, F. dan Reza, M. [2013]. Mengem-bangkan Kegiatan Gerak Dan Lagu Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Teratai, 2 (3), pp.2-6. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai

Kristina, M., Sari, R.N., Nagara, E.S., [2020] Model Pelaksanaan Pembe-lajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Provinsi Lampung. Jurnal Idaarah. IV (2), pp, 200-209, Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/338035-model-pelaksanaan-pembelajaran-daring-pa-ea67f6f8.pdf.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Ke-budayaan Republik Indonesia No-mor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Suyanto, S. (2005). Dasar-Dasar Pen-didikan Anak Usia Dini. Jakarta: Hikayat.

Widhianawati, N. [2011], Pengaruh Pembelajaran Gerak dan Lagu Da-lam Meningkatkan Kecerdasan Musikal dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. INVOTEC, Inno-vation Of Vocational Technology Education, 2, pp, 200-228. Re-trieved from http://jurnal.upi.edu/invotec/view/683/pengaruh-pembelajaran-gerak--dan-lagudalam--meningkatkan-kecerdasan-musikal-dankecerdasan-kinestetik-anak-usia-dini(studi-eksperimen-kuasi-pada-anak-kelompok-bermain--mandiri-skb-sumedang).html.

Zepe : Manfaat Gerak Dan Lagu Pada Bagi Anak-Anak PAUD. [Juni 2016]. Kesekolah. Retrieved Sep-tember 16, 2021, from http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/pendidikan/manfaat-gerak-dan-lagu-bagi-anak-anak-paud.html#sthash.ChxgaOUV.qirVoB5n.dpbs

Downloads

Published

2022-08-07