PEMBELAJARAN DARING MELALUI METODE PERMAINAN KARTU HURUF HIJAIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB

Authors

  • Yeni Heryanti Kelompok Bermain (Kober) Al-Barokah, Garut, Jawa Barat Indonesia
  • Agus Hasbi Noor Program Studi Pendidikan Masyarakat, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.
  • Sharina Munggaraning Westhisi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i5.12014

Keywords:

Online teaching, Arabic, Hijaiyah Letter Card Game

Abstract

This study aims to determine: 1) scenarios and implementation of online learning through the hijaiyah letter card game method in improving children's Arabic language skills. 2) children's response to the hijaiyah letter card game in improving Arabic language skills through online learning. 3) children's difficulties when participating in online learning through the hijaiyah letter card game method in improving children's Arabic language skills. 4) the obstacles faced by teachers when carrying out online learning through the hijaiyah letter card game method in improving children's Arabic language skills. The method used is descriptive qualitative research. The data sources of this study were 10 children in group B and class teachers. Collecting data using interview instruments, observation sheets, and documentation. Data were analyzed through data reduction, data presentation, and verification or concluding. The results showed that the scenario and implementation after the hijaiyah letter card game through online learning could improve Arabic language skills. Children can respond well and enthusiastically. The difficulties faced by children are the internet network and the lack of parental assistance. Some children easily do the task, some are slow. There are also teacher obstacles, namely difficulties in the process of assessing and evaluating children's learning outcomes because the teacher only sees from the video.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) skenario dan implementasi pembelajaran daring melalui metode permainan kartu huruf hijaiyah dalam meningkatkan kemampuan Berbahasa Arab anak. 2) respon anak terhadappermainan kartu huruf hijaiyah dalam meningkatkan kemampuan Berbahasa Arab  melalui pembelajaran daring. 3) kesulitananak saat mengikuti pembelajaran daring melalui metode permainan kartu huruf hijaiyah dalam meningkatkan kemampuan Berbahasa Arab anak. 4) kendala yang dihadapi guru saat mengimplementasikan pembelajaran daring melalui metode permainan kartu huruf hijaiyah dalam meningkatkan kemampuan Berbahasa Arab anak. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah anakkelompok Byang berjumlah 10 orangdan guru kelas. Pengumpulan datamenggunakan instrumen wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Datadianalisis melalui reduksi data, display datadan verifikasi atau penarikan kesimpulan.Hasil penelitian  menunjukkan  skenario dan implementasi setelah adanya permainan kartu huruf hijaiyah melalui pembelajaran daring dapat meningkatkan kemampuan Berbahasa Arab. Anak dapat merespon dengan baik dan antusias. Kesulitan yang dihadapi anak yaitu jaringan internet dan kurangnya pendampingan orangtua. Ada anak yang mudah mempraktekan tugas,ada yang lambat.Adajugakendalaguru yaitu kesulitan dalam penilaian dan proses evalusi hasil belajar anak karena guru hanya melihat dari video.

References

Aljufri, A. (2015). Pembelajaran Bahasa Arab Sejak Dini.

https://www.academia.edu/582115/perkembangan_bahasa_arab_sejak_usia-dini

Fauziddin, M., & Fikriya, M. (2020). Mengenal Kosakata Bahasa Arab melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah yang Dilengkapi Kosakata. Journal Of Education Research, 1(1), 46-54.

Ghebreyesus. A, (2020). Nama Resmi Virus Corona WHO. Retrieved: https://www.cnbcindonesia.com

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kulaitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Hasbi, M & Suswantoro, E. (2020). Media Daring (Tutorial Webex, zoom, dan

google drive). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Harahap, S., A., Dimyati, & Purwanta, E (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825-1836.

Kemendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Teteng Standar Proses

Nazarah, H. (2017). Meningkatkan Pengenalan Kosakata Bahasa Arab melalui Pemanfaatan Media Gambar pada Anak Kelompok B Di RA Al-Jannah Jakarta. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 113-124.

Puspaningtyas, N. D., & Dewi, P. S. (2020). Persepsi peserta didik terhadap pembelajaran berbasis daring. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(6), 703-712.

Putri, M., Kuntarto, E., & Alirmansyah, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Era Pandemi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 91-108.

Ramadhan, S. (2017). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Rosalina, A.(2011). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain. Psycho Idea, 9c1.

Sumarjana. (2019). Alat Peraga sebagai Media Pembelajaran. Retrieved April 7, 2020, from https://radarsemarangjawapos.com/rubric/opini/2019/10/03/alat-peraga-sebagai-media-Pembelajaran/

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung:Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dan Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19)

TKTV. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh pada masa pandemic Covid-19.

Tanjung, R. J. (2018). Penggunaan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf Abjad pada Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina I Kota Sabang. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(2), 319-327.

Downloads

Published

2022-09-20