UPAYA PENGEMBANGAN DISIPLIN ANAK DENGAN METODE PEMBIASAAN PEMBERIAN KALUNG ANGKA PADA KELOMPOK B3 DI RA AL-JIHAD PADALARANG

Authors

  • Mega Nurmala RA Al-Jihad Padalarang

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v1i2.p14-20

Keywords:

Disiplin, Metode Pembiasaan Pemberian kalung Angka

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah yang terkait dengan kedisiplinan anak pada kelompok B3 di RA Al-Jihad Padalarang. Berdasarka observasi awal menunjukan rendahnya kedisiplinan anak seperti: terlambat datang ke sekolah, berebut tempat saat berbaris, saling mendahului saat mengantri, membiarkan sepatu di halaman, dan berebut tempat penyimpanan tas. Berdasarkan hal tersebut, yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pengembangan disiplin anak melalui metode pembiasaan pemberian kalung angka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, berbentuk kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B3. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, studi dokumentasi dan studi literatur. Dari data yang diperoleh diketahui bahwa metode pembiasaan pemberian kalung angka dalam mengembangkan disiplin anak pada kelompok B3 di RA Al-Jihad Padalarang, sangat efektif serta dikembangkan dan diterapkan dengan baik, konsisten dan konsekuen sehingga kedisiplinan anak berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Pengembangan disiplin melalui metode pembiasaan pemberian kalung angka dilakukan setiap hari, setiap anak tiba di sekolah, dan dapat digunakan dalam  kegiatan sehari-hari baik di dalam kelas maupun diluar kelas dan menggunakan indikator capaian perkembangan yang ada pada teori-teori kedisiplinan anak usia dini.

References

Ali, N. (2010). Evaluasi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia

Diklat HIMPAUDI. (2013). Kota Cimahi

Direktorat. (2011). Disiplin Pada Anak. Jakarta

Direktorat. (2007). Pedoman Pembalajaran Bidang Pembiasaan Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta

Najib. (2016). Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Novan, W. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tulus, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasino.

Zubaedi. (2017). Strategi Taktis Pendidikan Karakter. Depok: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2018-06-13