PERSPEKTIF ORANG TUA MENGENAI PEMBELAJARAN METODE QIRAATI UNTUK ANAK USIA DINI

Authors

  • Dian Puspitasari Taman Kanak-kanak Qur’an (TKQ) Al-Karim, Kabupaten Karawang, Indonesia
  • Asih Nur Ismiatun Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i5.12145

Keywords:

Parental perspective, Qiraati Method

Abstract

The Qur'an is very important for the life of guiding and directing human beings so every Muslim must read and practice the Qur'an in everyday life. The purpose of this study focused on looking at parents' perspectives on qiraati methods in early childhood learning. The methods used in this study are qualitative descriptive. The technique of data collection in this study is to use questionnaires, observations, and in-depth interviews with research subjects, namely parents/guardians of TKQ Al-Karim which numbered 20 people. This research is located in TKQ Al-Karim Karawang district. Data processing techniques in this study are carried out with data reduction, data display, and data conclusions. From the results of the questionnaire, interviews and observations obtained the results that the qiraati method is effective in learning, especially on aspects of religious and moral values and reading the Qur'an. The impact obtained from the results of the study is that parents have a positive response about learning in school, especially in terms of reading the Qur'an using qiraati methods. The application of qiraati methods becomes important to help provide character education related to aspects of early childhood religious and moral values. 

Al-qur’an sangat penting bagi kehidupan membimbing dan mengarahkan manusia sehingga wajib bagi setiap muslim untuk membaca dan mengamalkan al-qur’an dalam kehidupan sehari- hari. Tujuan penelitian ini berfokus untuk melihat perspektif orangtua mengenai metode qiraati pada pembelajaran anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahdeskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket, observasi dan wawancara mendalam dengan subjek penelitian yaitu orangtua/ walisantri TKQ Al-Karim yang berjumlah 20orang. Penelitian ini berlokasi di TKQ Al-Karim kabupaten Karawang. Teknik pengolahandata dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, display data dan kesimpulan data. Dari hasil angket, wawancara dan observasi didapatkan hasil bahwa metode qiraati efektif terhadap pembelajaran terutama pada aspek nilai agama dan moral serta  membaca al-qur’an .Dampak yang didapat dari hasil penelitian adalah bahwa orangtua memiliki respon yang positif mengenai pembelajaran yang ada disekolah terutama dalam hal membaca al-qur’an  menggunakan metode qiraati. Penerapan metode qiraati menjadi hal yang penting untuk membantu memberikan pendidikan karakter yang berhubungan dengan aspek nilai agama  dan moral anak usia dini.

References

Al-Khalawi, M,. (2007). Mendidik Anak Dengan Cerdas. Sukoharjo: Insan Kamil. Amalia, I. A,. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Alqur’an Di Ra (Studi Kasus Penggu- na Metode Qiraati). Jurnal Pendidikan Anak IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 4(1).

-128. 10.24235/awlady.v4i1.2543

Anam, S., & Azis, A. (2020). Efektifitas Metode At-Tibyan Dalam Pembelajaran Mem-

baca Al-Qur’an Anak Usia Dini Di Taud Saqu Nurussunnah Di Kecamatan Tem- balang Kota Semarang. Al-Manar, 9(2), 1-28. https://doi.org/10.36668/ jal.v9i2.187

Anwar. (2004). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education). Bandung: Alfabe- ta.

Chasanah, S. U. (2015). Efektivitas Metode Qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Quran di TPQ Al Islahiyah Margorejo Surabaya (Doctoral disserta- tion, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Hanum, S. F. (2019). Efektivitas penerapan Metode Qiraati terhadap Keterampilan Membaca Huruf Al Qur'an di Play Group Plus Al Afkar Waru Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Uni- versitas Hamzanwari, 01(1), 1-16. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546

Muhaimin. (2003). Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Surabaya: Pusat Studi Agama, Politik Dan Masyarakat (PSAPM).

Priyanto, T. (2011). Efektivitas penggunaan metode Qiraati terhadap Keamanan Mam- baca Al Qur'an yang Baik dan Benar.

Safaat, S. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Penerapan Metode Qiraati terhadap Kemampuan Baca Al-Qur’an. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 2(1), 26-35. https://doi.org/10.37012/jipmht.v2i1.33

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta. Suwaid, M.N.A.H,.(2003). Mendidik Anak Bersama Rosulullah. Bandung: Al-Bayan. Syauqi, A. (2018). Efektifitas Metode Pembelajaran Qiraati (Studi Kasus Siswa Kelas V

MI Darul Muttaqin Jakarta) (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2022-09-30