MEDIA KOLASE DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA ANAK KELOMPOK B

Authors

  • Eli Rosmawati Kelompok Bermain (KOBER) Muawanatussibyan, Kabupaten Garut, Prov. Jawab Barat, Indonesia
  • Agus Sumitra Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.
  • Ririn Hunafa Lestari Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i5.12190

Keywords:

Independence, Early Childhood, Task Assignment Methods

Abstract

This research is backed by the fact in the field that early childhood independence group B Kober Muawanatussibyan is still low because children in doing daily habituation, some children look not independent due to the selection of learning methods applied monotonously so that they have not been able to provide freedom and opportunity in developing children's independence with simple according to the needs of children. The task-giving method is one of the learning methods chosen in this study. Therefore, this study aims to describe the scenario and implementation of the method of assigning tasks to early childhood independence. This study used qualitative descriptive methods with the study subjects of group B Kober Muawanatussibyan children numbering 12 people. Data collection using interview instruments, observation sheets, and documentation. Data is analyzed through data reduction, data display, and verification or withdrawal of conclusions. This study shows the results that children's independence develops very well after the method of assigning tasks during the study is carried out based on the learning planning compiled. The method of assigning tasks is a fun activity for children so that children are able to be confident, responsible, and do tasks until they are completed as a form of child independence.

Penelitian ini dilator belakangi oleh fakta di lapangan bahwa kemandirian anak usia dini kelompok B Kober Muawanatussibyan masih rendah dikarenakan anak dalam mengerjakan pembiasaan sehari-hari, sebagian anak terlihat belum mandiri disebabkan pemilihan metode pembelajaran yang diterapkan monoton sehingga belum mampu memberikan kebebasan dan kesempatan dalam mengembangkan kemandirian anak dengan yang sederhana sesuai dengan kebutuhan anak. Metode pemberian tugas merupakan salah satu metode pembelajaran yang dipilih dalam penelitian ini. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan skenario dan implementasidari metode pemberian tugas terhadap kemandirian anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian anak kelompok B Kober Muawanatussibyanyang berjumlah 12 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa kemandirian anak berkembang sangat baik setelah dilakukan metode pemberian tugas selama penelitian dilakukan berdasarkan perencanaan pembelajaran yang disusun. Metode pemberian tugas merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak sehingga anak mampu percaya diri, bertanggung jawab, dan mengerjakan tugas sampai selesai sebagai bentuk kemandirian anak. 

Author Biography

Ririn Hunafa Lestari, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

References

Anggraini, Y. [2019]. Pengaruh Metode Pemberian Tugas Dengan Pembentukan Karak- ter Mandiri Pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Sinar harapan Palembang. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 01).

Astuti, Y. (2016). Cara Mudah Asah Otak Anak. Yogyakarta: Buku Kita.

Budiarti, S. N. I. [2020]. Penerapan Permainan Tebak Gambar dan Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok A1 TK Negeri Pakunden 1 Kota Blitar. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 4(2), 285-292. https://

doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i2.217

Damayanti, A., Pusari, R. W., & Kusumaningtyas, N. [2019]. Melatih Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Sehari Hari Kelompok A1 di TK Islam Hiday- atullah Semarang. In Seminar Nasional PAUD 2019 (pp. 142-148).

Huliyah, M. (2017). HAKIKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 60-71. Retrieved from http://www.jurnal.uin-banten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/193

Ibura, S. T., & Talango, S. R. (2020). PENANAMAN NILAI KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI PEMBERIAN TUGAS PADA KELOMPOK B5 DI RATAL ISHLAH KOTA GORONTALO. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(2), 71-84.

Ningsih, Y., & Lestari, S. [2014]. Peningkatan KemandirianMelalui Metode Pemberian Tugas Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Amaliyah Sekadau. Jurnal Pendidikan dan PembelajaranKhatulistiwa, 3(12), 1-17. http://dx.doi.org/10.26418/jpp- k.v3i12.8354

Nurjanah, L., & Sumitra, A. (2021). PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(4), 428-436. http:// dx.doi.org/10.22460/ceria.v4i4.p%25p

Octora, M., Yusuf, A., & Miranda, D.[2016]. Peningkatan K e m a n d i r i a n B e l a j a r Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(9). 1-13. http://dx.doi.org/10.26418/jpp- k.v5i9.16656

Rohmah, P. S. S., & Aprianti, E. [2021]. Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Montessori. CERIA (Cerdas Energik R e s p o n s i f InovatifAdaptif),4(4), 415-422.http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v4i4.p%25p

Rukmandari, O. D., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). UPAYA MELATIH KE- MANDIRIAN PADA ANAK BERDASARKAN ORANG TUA YANG BEKER- JA. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 457-467. http://dx.-doi.org/10.22460/ceria.v3i5.p%25p

Permendikbud. (2013). Permendikbud No.65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yunita, F. Peranan Metode Pemberian Tugas terhadap Kemandirian Anak di Kelompok A TK Widyatama Tadulako. Bungamputi, 3(1).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Yulianto, (2013), Metode Pemberian Tugas dan kemandirian. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2022-09-30