PEMBIASAAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO UNTUK PADA PEMBELAJARAN DARING DI KELOMPOK BERMAIN PONDOK ILMU

Authors

  • Imas Mulyati Kelompok Bermain (KB) Pondok Ilmu, Kota Bandung, Indonesia
  • Ghina Wulansuci Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i6.12395

Keywords:

Hand Washing with Soap, Video Media, Online Learning

Abstract

This research is motivated by the fact in the field that the habit of washing hands with soap in the Pondok Ilmu Play Group is one of the programmed habituation activities. The pandemic condition made these activities technically constrained in learning. This study aims to describe the scenario and implementation of the use of video media for the habit of washing hands with soap in courageous learning in the Pondok Ilmu playgroup. This study used a qualitative descriptive method and the research subjects were 7 children in group B class Mandiri-2. For data researchers use interview instruments, observation, and documentation. The data were analyzed by data reduction, data display, and data leveraging, as well as conclusions that were supported by simple calculation results using Microsoft Excel. Depicted in the graph in each aspect assessed. Scenarios are prepared, and systematic, and learning becomes directed, from planning, implementing bold learning, preliminary planning activities, core activities, closing, and evaluation. From the scenarios made by CTPS activities through videos made by the teacher, the implementation at home by children under the guidance of parents can be carried out well. This study shows that many children are still not developing and developing at the beginning of the study, but starting at the end of the study, they show significant development

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta di lapangan bahwa pembiasaan cuci tangan pakai sabun di Kelompok Bermain Pondok Ilmu sebagai salah satu kegiatan pembiasaan yang diprogramkan. Kondisi pandemi membuat kegiatan tersebut terkendala secara teknis pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan skenario dan implementasi dari penggunaan media video untuk pembiasaan cuci tangan pakai sabun pada pembelajaran daring di kelompok bermain Pondok Ilmu. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan subjek penelitiannya adalah anak kelompok B kelas Mandiri-2 sebanyak 7 anak. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis dengan reduksi data, lalu display data dan verifikasi data tersebut, serta  kesimpulan didukung dengan hasil perhitungan sederhana menggunakan Microsoft Excel. Tergambarkan dalam grafik pencapaian setiap aspek yang dinilai. Skenario disusun, sistematis, dan pembelajaran menjadi terarah, dari perencanaan, rencana pelaksanaan pembelajaran daring, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, dan evaluasi. Dari skenario yang dibuat kegiatan CTPS melalui video yang dibuat oleh guru, penerapan di rumah oleh anak dibimbing orang tua dapat terlaksana dengan baik. Penelitian ini menunjukan banyak anak yang masih belum berkembang dan mulai berkembang diawal penelitian, namun pada akhir penelitian menunjukan perkembangan yang signifikan 

References

Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan teknologi informasi dalam menciptakan model inovasi pembelajaran (e-learning). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(1), 117-140. https://doi.org/10.31332/ATDB.V811.396

Hartutik, S. (2020). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Media Audio Visual (Video) dan Demonstrasi terhadap Ketrampilan Praktik Sadari. IJMS-Indonesian Journal on Medical Science, 7(1), 20-26.

Hasnida. (2014). Media Pembelajaran Kreatif Mendukung Pengajaran Pada Anak Usia Dini. Jakarta Timur: PT Luxima Metro Media.

Kementrian Kesehatan RI. (2019). Tentang Profil Kesehatan Indonesia

Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Permendikbud No. 109 Tahun 2013 tentang Pendidikan Jarak Jauh

Priyono, E. (2015). Meningkatkan Kebiasaan Mencuci Tangan Pada Siswa Sekolah

Dasar Melalui Penerapan Alat Bantu Media Audio Visual Dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Kesehatan. Bandung: Universitas Pendidikan Indone- sia. Diakses melalui http:// repository.upi.edu pada 14 Februari 2018

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: AL- FABETA, CV.

Hayati, Y. N. (2020). Implikasi Pencegahan Penularan Corona Melalui Kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun Terhadap Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(2), 124-140. OJS. https://doi.org/10.35719/gns.v1i2.16

Downloads

Published

2022-12-15