KEGIATAN PERMAINAN KONSTRUKTIF SEBAGAI RANGSANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI PADA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Muthia Hertanti Taman Kanak-kanak Qur’an (TKQ) Hidayatul Mubtadiin, Kab.Karawang, Indonesia
  • Heni Nafiqoh Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i6.12417

Keywords:

Online Learning, Constructive Games, Creativity, Early Childhood

Abstract

With the Covid-19 outbreak, learning is carried out through online learning. One of the activities that need to be stimulated when learning is carried out online is creativity, the development of which can be carried out with constructive game activities. Constructive play is a game of a form of media to build and shape something that involves itself in creation, one of which is plasticine media. With constructive play activities, children learn to solve problems in everyday life to build something new with their imagination. The subjects in this study were children of group B which was carried out at KOBER Al-Fadillah. In collecting data used are interviews, observation, and documentation. The method used is descriptive qualitative with qualitative data analysis. The purpose of this study was to determine the implementation of online learning through constructive game activities in stimulating creativity. Based on observations in constructive games using plasticine media, the need for basic techniques regarding plasticine media and giving freedom to students in expressing ideas that are in themselves during online learning takes place. By stimulating constructive games using plasticine media, they can participate in learning with enthusiasm and enthusiasm in sharpening their imagination. Thus, constructive games can be used to the stimulate of creativity for early childhood group B when learning online.

Dengan adanya wabah covid-19 pembelajaran dilaksanakan dengan pembelajaran daring. Salah satu kegiatan yang perlu distimulasi ketika pembelajaran dilaksanakan secara daring yaitu kreativitas, yang mana pengembangannya dapat dilaksanakan dengan kegiatan permainan konstruktif. Permainan konstruktif adalah permainan suatu bentuk media untuk membangun dan membentuk sesuatu yang melibatkan dirinya dalam sebuah kreasi hasil karya salah satunya media plastisin. Dengan kegiatan permainan konstruktif anak belajar memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari untuk membangun sesuatu bentuk yang baru dengan imajinasinya. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang dilaksanakan di KOBER Al-Fadillah. Dalam pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualtatif dengan analisis data kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring melalui kegiatan permainan konstruktif dalam menstimulus kreativitas. Berdasarkan observasi dalam permainan konstruktif menggunakan media plastisin perlunya tehnik dasar mengenai media plastisin serta memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam mengekspresikan ide yang ada dalam dirinya sendiri selama pembelajaran daring berlangsung. Dengan stimulasi permainan konstruktif menggunakan media plastisin dapat mengikuti pembelajaran dengan semangat dan antusias dalam mengasah imajinasinya. Dengan demikian permainan konstruktif dapat dijadikan sebagai stimulasi kreativitas anak usia dini kelompok B ketika pembelajaran daring.  

References

Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fadillah, M. (2017). Buku Ajar & Permainan. Jakarta: Kencana

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak Jilid I. (Alih Bahasa: Meitasari Tjanadrasa)

Jakarta: Penerbit Erlangga

Mamik. (2015). Metode Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Mulyani, N. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Purwokerto: Remaja

Rosdakarya

Nurnawati, I. K. K., Syarifah, A., Windarsih, C. A., & Santana, F. D. T. (2020). PENG-

GUNAAN PERMAINAN KONSTRUKTIF MEDIA PLAYDOUGH DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PADA ANAK KELOM- POK B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(2), 119-125. http:// dx.doi.org/10.22460/ceria.v3i2.p%25p

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran daring kombinasi berbasis whatsapp pada kelas karyawan prodi teknik informatika universitas pgri madiun. Jurnal Na- sional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 8(1), 81-86. https://doi.org/ 10.23887/janapati.v8i1.17204

Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Syahrudin. (2020). Permainan Bombardier. Purwodadi: CV. Sarnu Untung Tedjasaputra, M.S. (2001). Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Anak

Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Wahyudin. (2007). A to Z Anak Kreatif. Jakarta: Gema Insani

Downloads

Published

2022-12-21