EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI PROGRAM TELEVISI JALAN SESAMA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI

Authors

  • Nani Astiani Raudhatul Athfal (RA) As Sadikin, Kab. Cianjur, Indonesia
  • Rohmalina Rohmlina Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i6.12441

Keywords:

Online Learning, Fellow Street Television Programs, Interest in Learning

Abstract

During the pandemic, teachers are required to innovate in delivering interesting learning materials. Interest is one of the main factors. To increase interest in learning, researchers package learning activities as attractive as possible. The street television program is one of the events that is used as a learning medium. Therefore, television programs were chosen as a medium for delivering online learning. The purpose of this study is to design scenarios and the effectiveness of online learning through a television program on the way of others in increasing interest in early childhood learning. The method used is descriptive qualitative research with eight students in group A. The data collection technique used is through interviews and observations. The analysis technique used is field data, reduced, described, and analyzed. The research results obtained from this study are the implementation of online learning through the television program on the way fellow plays a very important role in increasing children's interest in learning. Interest in learning can be increased through fellow street television programs. There is a change compared to the previous one with results marked by very significant development, it can be seen that there is a sense of interest and curiosity about something.

Di masa pandemi guru dituntut untuk berinovasi dalam menyampaikan materi pembelajaran secara   menarik. Minat merupakan salah satu faktor utamanya. Untuk meningkatkan minat belajar, peneliti mengemas kegiatan pembelajaran semenarik mungkin. program televisi jalan sesama merupakan salah satu acara yang dijadikan media pembelajaran. Oleh karena itu program televisi dipilih sebagai media dalam penyampaian pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring melalui program televisi jalan sesama dalam meningkatkan minat belajar anak usia dini. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian delapan peserta didik di kelompok A. Teknik pengumpulan data  yang  gunakan yaitu melalui  wawancara dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah data lapangan, direduksi, dideskripsikan dan dianalisis. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini yaitu  pelaksanaan pembelajaran daring melalui program televisi jalan sesama berperan sangat penting untuk meningkatkan minat belajar anak. Minat belajar dapat meningkat melalui program televisi jalan sesama. Adanya perubahan dibandingkan dengan sebelumnya dengan hasil yang ditandai adanya perkembangan yang sangat signifikan terlihat adanya rasa ketertarikan dan rasa ingin tahu terhadap sesuatu. 

References

Ahdar : Goresan sederhana dalam Mengapresiasi hari Anak Nasional (2021, Juli 24). Opini . Retrieved Oktober 5, 2021, from https://www.iainpare.ac.id/opini-pandemi-covid-19-dan-dilema-pendidikan-anak/

Bakhtiyar, (2020) Meningkatkan minat membaca pada anak usia sekolah dasar melalui program tayangan televisi dalam perspektif sosiologi. Trapsila : Jurnal Pendidikan Dasar vol 2 (1) pp. 52-68.

Farid, (2013) Model media pembelajaran melalui tayangan televisi dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku anak-anak pedesaan di Sulawesi Selatan. Kareba: Jurnal komunikasi vol 2(2) pp. 139-150.

Mulyasa, (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi, Yogyakarta : Bumi Aksara.

Nasution (2000). belajar sebagai perubahan kelakuan berkat pengalaman dan latihan. Jakarta. Bumi Aksara.

Rohmalina. (2016). 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Paud Dalam Menyongsong Indonesia Bebas Sampah Di Paud Siaga Kota Cimahi. Tunas Siliwangi: Jurnal Pendidikan anak usia dini vol 2(2) pp. 43-54.

Slameto. (2015). Dasar Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publising.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sumadi, S. (2001) Psikologi Kepribadian. Cetakan ke 4. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan Anak. Jakarta

Downloads

Published

2022-12-23