PEMBELAJARAN KREASI WARNA MELALUI MEDIA CAT DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI

Authors

  • Nina Maemunah Satuan PAUD Sejenis (SPS) Mutiara, Sa’ar Mutiara Karangtanjung Cililin, Kab. Bandung Barat, Indonesia.
  • Fifiet Dwi Tresna Santana Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i5.12471

Keywords:

Early Childhood, Color Creation, Creativity, Watercolor

Abstract

The main cause of inhibition of children's creativity is parenting and the education system in schools that do not provide a stimulus to children's creativity. It is often found that the problem of lack of creative potential in early childhood is due to not getting the opportunity to develop their creative potential. Therefore, learning such as the art of coloring through watercolor games is needed that can increase the creativity of children from pre-school age. The purpose of this study was to describe the color art learning activities through watercolor games in increasing children's creativity. Color art activities provide a means to identify oneself, express oneself, and encourage opportunities for intellectual, emotional, physical, and social development. This study uses a qualitative descriptive research method that analyzes the events of an action taken, with the main research consisting of several randomly selected children. The research instrument uses data collection through observation and documentation. In analyzing the data, the authors perform data reduction, display data, and draw conclusions. The results showed that the color art learning activities through watercolor games could increase children's creativity. Children feel happy and enthusiastic and can produce interesting works of art, can combine colors so that colors become diverse, and show an exploratory attitude and curiosity so that children get used to actively asking questions.

Penyebab utama terhambatnya kreativitas anak adalah pola asuh dan sistem pendidikan di sekolah yang tidak memberikan stimulus terhadap kreativitas anak. Sering ditemukan masalah kurangnya potensi berkreasi anak usia dini disebabkan tidak mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan potensi kreatifnya. Karena itu diperlukan pembelajaran seperti seni mewarnai melalui permainan cat air yang dapat meningkatkan kreativitas anak sejak usia pra sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran kreasi warna melalui media cat air dalam meningkatkan kreativitas anak. Kegiatan kreasi warna mempersiapkan sarana untuk mengenali diri, mengekspresikan diri, dan mendorong kesempatan untuk berkembangnya intelektual, emosional, fisik, serta social. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripstif kualitatif yang menganalisis  peristiwa dari  suatu  tindakan yang dilakukan, dengan pokok penelitian terdiri dari beberapa anak yang dipilih secara acak, Instrumen penelitian yang menggunakan pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis melakukan pengurangan data, menampilkan data, dan menarik simpulan. Hasil pada penelitian ini menyatakan bahwa aktifitas pembelajaran seni warna melalui permainan cat air dapat meningkatkan kreativitas anak. Anak merasa senang dan antusias serta dapat  menghasilkan karya seni yang menarik, dapat mengkombinasikan warna sehingga warna menjadi beragam, serta menunjukan sikap eksploratif dan rasa ingin tahu sehingga anak mulai terbiasa aktif bertanya.

References

Asmawati, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Ros- dakarya

Hanifah, T. M. N., & Atika, A. R. (2020). Mengembangkan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Tebak Gambar. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(3). 196-204. http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v3i3.p196-204

Hernia, H. (2013). Kemampuan mengenal warna pada anak usia 4-5 tahun di TK segu- gus III kecamatan panjatan kabupaten kulon progo. (Skripsi, Fakultas Pendidikan Universitas Yogyakarta, 2013) Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/15243/

Monks, F.J., Knoers, A.M.P., Haditono, S.R. (2006). Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Mulyani, N. (2017). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung. PT. Remaja Ros- dakarya

Mulyani, N. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Bandung: PT. Rema- ja Rosdakarya.

Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Pamadhi, H. (2014). Ruang Lingkup Seni Rupa Anak. Retrieved September 20, 2021, http://repository.ut.ac.id/4712/1/PAUD4403-M1.pdf

Sit, M. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini (Teori Dan Praktik).Medan : Perdana Publishing

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Sujiono & Nurani . (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Downloads

Published

2022-09-30