MEDIA CELEMEK HURUF: MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN PADA ANAK KELOMPOK B

Authors

  • Astrian Puput Weryhati Kelompok Bermain (Kober) Nurul Jannah, Kota Bandung, Indonesia
  • Ririn Hunafa Lestari

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i6.12625

Keywords:

Early Literacy, Letter Apron

Abstract

This research is motivated by the lack of ability to recognize literacy such as sorting, and arranging syllables and syllables into a sentence, it can be seen that students feel less confident in reading and writing due to unattractive learning media. One of the learning media for introducing literacy through fun activities is a letter apron. The purpose of this study was to apply the letter apron media, in improving the literacy skills of students. The method used in this research is descriptive qualitative. The research subjects were Group B, which consisted of 10 students. Data collection was obtained through observation, interviews, and documentation. The data analysis technique used was data reduction and presentation and conclusion. The results showed that learning in applying the media aprons letters could improve literacy in group B. The initial literacy abilities of students who were already good were 2 out of 10 students, after participating in the activity increased by 6 students who developed as expected and began to develop 2 students. as well as students and those who have not developed 2 students on the final results of literacy observations.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan mengenal keaksaraan seperti mengurutkan, menyusun suku kata dan suku kata menjadi sebuah kalimat, hal ini terlihat peserta didik merasa kurang percaya diri dalam membaca dan menulis dikarenakan media pembelajaran yang kurang menarik. Salah satu media pembelajaran dalam mengenalkan keaksaraan melalui kegiatan yang menyenangkan yaitu celemek huruf. Tujuan penelitian ini untuk menerapkan media celemek huruf, dalam meningkatan kemampuan keaksaraan peserta didik. Metode yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kelompok B yang berjumlah 10 peserta didik. Pengumpulan data di peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data dan penyajian serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dalam menerapkan media celemek huruf dapat meningkatkan keaksaraan pada kelompok B. Kemampuan keaksaraan awal peserta didik yang sudah baik sebanyak 2 dari 10 peserta didik, setelah mengikuti kegiatan meningkat sebanyak 6 peserta didik yang berkembang sesuai harapan serta mulai berkembang 2 peserta didik dan yang belum berkembang 2 peserta didik pada hasil akhir observasi kemampuan keaksaraan.

Author Biography

Ririn Hunafa Lestari

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

References

Haryanti, D., & Tejaningrum, D. (2020). Keaksaraan Awal Anak Usia Dini Teori dan Praktis Calistung Menjadi Menyenangkan. Jawa Tengah: Nasya Expanding Management.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana

Maryani, P., Waty, E. R. K., & Hasmalena, H. (2018). Pengembangan Alat Pembelajaran Berbentuk Celemek Huruf untuk Kosakata Anak Kelompok B di TK Al-Kautsar Indralaya (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Matin, R. H., Rohaety, E. E., & Nuraeni, L. (2019). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL DI TK NUSA INDAH. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(2), 49-56. http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v2i2.p49-56

Oktari, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Celemek Huruf untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nomor 146 Tahun 2014.

Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 11-18. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18

Romiyati, R. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Awal melalui Permainan Kartu Suku Kata dengan Model Pembelajaran Kooperatif pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Bansari Temanggung Semester II Tahun 2018/2019. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 50-61. http://dx.doi.org/10.26877/mpp.v15i1.8389

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sumantri, M., & Sudana, D. N. (2017). Penerapan Media Gambar dan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan. International Journal of Elementary Education, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11433

Suryani, N,. Setiawan, A,. & Putria, A. (2019) Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-12-15