PAPAN FLANEL BERBENTUK EXPLOSION BOX: PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENGENALKAN KONSEP BILANGAN ANAK KELOMPOK B

Authors

  • Ghyna Fadhilah El Mustafa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.
  • Anita Rakhman Program Studi Pendidikan Masyarakat, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i2.12651

Keywords:

Flannel Board, Explosion Box Shape, Number Concept, Early Childhood

Abstract

Pada kegiatan observasi yang dilakukan di TK Sejahtera Gandasoli menunjukan bahwa diper- lukan penerapan media pembelajaran serta kemampuan peserta didik dalam mengenal konsep bilangan masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan anak kelompok B dalam mengenal angka dengan adanya kegiatan penerapan media papan flanel berbentuk explosion box di TK Sejahtera Gandasoli. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan meggunakan metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini peserta didik kelompok B berjumlah 6 anak serta guru kelas TK Sejahtera Gandasoli. Teknik pengumpulan data yang diterapkan yaitu observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil dari penelitian penerapan media papan flanel berbentuk explosion box ini menunjukan bahwa peserta didik menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran berhitung, peserta didik dapat menyebutkan dan menunjukan bilangan angka dengan tepat, mereka juga sudah dapat menulis angka dengan benar. Berdasarkan hasil serta pembahasan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan penerapan media papan flannel berbentuk explosion box pada kegiatan pembelajaran, kemam- puan semua peserta didik dalam mengenal konsep billangan dan berhitung sudah berkembang.

Observations carried out at the Sejahtera Gandasoli Kindergarten show that it is necessary to apply learning media and the ability of students to recognize the concept of numbers still needs to be improved. This study aims to describe the development of the ability of children in group B in recognizing numbers with the application of flannel board media in the form of an explo- sion box in TK Sejahtera Gandasoli. The research method used is qualitative research using de- scriptive research methods. The subjects of this study were 6 students in group B and a class teacher for the Kindergarten Sejahtera Gandasoli. Data collection techniques applied are obser- vation, interviews, and documentation. Data analysis in this study used descriptive data analy- sis. The results of the study on the application of this explosion box-shaped flannel board media showed that students became more active in counting learning activities, students were able to name and show numbers correctly, and were also able to write numbers correctly. Based on the results and discussion of the research, it can be concluded that by applying the flannel board media in the form of an explosion box in learning activities, the abilities of all students in rec- ognizing the concepts of numbers and counting have developed.

References

Fitriana, F., & Novitawati, N. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Melalui Kombinasi Model Make A Match, Metode Bermain Angka Dan Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 25-30. https://doi.org/10.20527/jikad.v1i1.3221

Guslinda, & Kurnia, R., (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jakad Publishing.

Haryono, M., Sasongko, R. N., & Kristiawan, M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Seni Rupa Melalui Media Plastisin Tepung Paud Okvikha Kota Bengkulu. Journal of Elementary School (JOES), 4(1), 1-9. https://doi.org/10.31539/joes.v4i1.2200

Khadijah. (2015). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing. Rahmalia, D., & Suryana, D. (2021). Pengembangan Media papan flanel untuk

meningkatkan kecerdasan logika matematika pada anak. Jurnal Basicedu, 5(2), 605-618. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.782

Safira, A.R., (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Gresik: Caremedia Communication

Safira, A.R., & Ifadah, S.A., (2020). Pembelajaran Sains dan Matematika Anak Usia Dini. Gresik: Caremedia Communication.

Sholikha, M., & Rocmah, L. I. (2021). PENERAPAN MEDIA PAPAN FLANEL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILAN- GAN 1-10 PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 79-88. https://doi.org/10.24853/yby.v5i2.9147

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: PT Rajarafindo Persada.

Supriati, T., & Ismiatun, A. N. (2021). Pengenalan Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(5), 601-605.http://dx.-

doi.org/10.22460/ceria.v4i5.p%25p

Downloads

Published

2023-03-19