STIMULASI KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN KOLASE BERBASIS BAHAN ALAM DALAM PEMBELAJARAN DARING

Mayasari Mayasari(1*), Komala Komala(2)

(1) Kelompok Bermain (KB) Al-basyariyyah Narawita Kab. Bandung, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu aspek perkembangan yang dikembangkan pada pendidikan anak usia dini adalah perkembangan fisik motorik, salah satunya adalah motorik halus. Perkembangan motorik halus dikembangkan agar anak mampu menggerakan jarinya dengan luwes. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan motorik halus pada anak, respons anak, kesulitan yang di- hadapi oleh anak, dan kendala yang dihadapi guru di KB Al-Basyariyyah pada kegiatan pember- ian stimulasi perkembangan motorik halus pada anak melalui kegiatan kolase berbasis bahan alam. Deskriptif adalah metode yang digunakan pada penelitian ini dengan pendekatan kuali- tatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi pada penelitian ini. Subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok B di KB Al-Basyariyyah. dengan jumlah 3 orang perempuan dan 2 orang laki-laki Teknik analisis data yang digunakan adalah naratif. Dalam perencanaan pembelajaran daring pada penelitian ini berjalan dengan baik dan mendapat respons yang baik dari anak maupun pendidik. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara daring tentunya terdapat kendala dan kesulitan yang dihadapi anak, diantaranya yaitu anak masih telihat kesulitan dan kaku dalam menggerakan otot-otot halusnya. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru ialah saat pembelajaran daring adalah sinyal yang kurang mendukung dan kuota yang kurang memadai. Maka dapat disimpulkan peneliti bahwa kolase berbasis bahan alam dapat menstimulasi motorik halus anak.

One aspect of development that is developed in early childhood education is physical motor de- velopment, one of which is fine motor skills. Fine motor development is developed so that chil- dren can move their fingers flexibly. This study was conducted to determine the development of fine motor skills in children, children's responses, difficulties faced by children, and obstacles faced by teachers at Al-Basyariyyah Family Planning in providing stimulation for fine motor development in children through college activities based on natural materials. The method used in this study is descriptive and the approach used is qualitative with data collection techniques using observation, interviews, and documentation. The subjects of this study were group B chil- dren in KB Al-Basyariyyah with a total of 3 girls and 2 boys. The data analysis technique used was narrative. The online learning planning in this study went well and received good responses from both children and educators. Learning activities carried out online, of course, have obsta- cles and difficulties faced by children, including children who still have difficulty and are stiff in moving their smooth muscles. The obstacles faced by teachers are when online learning is a less supportive signal and an inadequate quota. So it can be concluded that the researchers that college based on natural materials can stimulate children's fine motor skills.



Keywords


Fine Motoric; Natural Material-Based Collage; Online Learning

Full Text:

PDF

References


Afni, D., Harun, M. Y., & Elly, R. (2017). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELA- JARAN KOLASE BIJI-BIJIAN UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINIDI PAUD NURUL HIDAYAH DESA LAMPUUK ACEH BESAR. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2).

Astria, N., Made Sulastri, M. P., & Magta, M. (2015). PENERAPAN METODE BERMAIN MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/paud.v3i1.6204

Darwati, Novie Azizah, E., & Wijayanti, A. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN FUN COOK- ING. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 157-166. Retrieved from https:// jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/48

Handayani, S., Sumarno, S., & Suharno, Y. (2018). Pengaruh Aktivitas Kolase Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Di Tk Pembina Kabupaten Rembang. Seuneubok Lada, 5(1), 38-53.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Jumiatin. D. (2018). Pendidikan Seni Rupa Anak Usia Dini. Jatinangor: ALQA PRINT Karimah, L., Sirodjudin, M. K., & Rohmalina, R. (2020). PENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MERONCE DENGAN LIMBAH KERTAS KORAN DI TK PGRI CIKETUG. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(4), 329-334. http://dx.doi.org/10.22460/ceri- a.v3i4.p%25p

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). ANALISIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p246-253 https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p246-253

Misiyanti, N. W., Parmiti, D. P., & Wirya, N. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Konkret Melalui Kegiatan Kolase Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.2984

Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 14-20. https:// doi.org/10.26555/jecce.v2i1.564

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas pembelajaran daring terintegrasi di era pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). 129-135. http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763

Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Me- dia Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 4(1), 91- 100. https://doi.org/10.55115/purwadita.v4i1.544

Sugiyono, (2017) Metode Pendelitian Kuantotatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Ban- dung.

Sulistyani, H. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI PERMAINAN ORIGAMI PADA ANAK KELOMPOK A TK MAR- DI UTOMO MANTREN KECAMATAN PUNUNG KABUPATEN PACITAN. JURNAL EDUKASI: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 1(2), 170–181. https://doi.org/10.1212/je.v1i2.29

Valentina, F., Wulandari, E., & Nuraeni, L. (2019). UPAYA UNTUK MENGEM- BANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI AKTIVITAS ORIGAMI DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA ANAK-ANAK KELOMPOK B DI TK BINA NUSANTARA. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(4), 1-6. http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v1i4.p1-6

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 351-358. 10.31004/obsesi.v4i1.347




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v6i1.12700

Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ceria is published by PG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building H, First Floor, Room H-3

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id or jurnalceriapaud@gmail.com


Click to access: Ceria Journal

 

P-ISSN: 2614-6347

E-ISSN: 2614-4107

View My Stats