APLIKASI WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v6i1.12992Keywords:
Covid-19, Distance learning, WhatsApp application, IndependenceAbstract
Pandemi Covid-19 membawa dampak negatif bagi kehidupan masyarakat. Semua aktivitas menjadi terhambat dan dibatasi. Begitupula dalam dunia pendidikan. Siswa perlu belajar untuk melalukan aktivitasnya dirumah serta memaksa guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk mengimplementasikan pembelajaran jarak jauh. Perkembangan teknologi informasi dan komu- nikasi saat ini tidak mudah diterima dari semua kalangan, terutama di dunia pendidikan. Tetapi hal ini bisa menjadi solusi yang baik untuk meningkatkan kemandirian pada pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan aplikasi whatsApps dalam proses pembelajaran jarak jauh dan meningkatkan kemandirian anak di pandemi. Metode penelitian yang diambil adalah menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri dari lima orang pesera didik, guru dan orang tua dari TK Dewi Sartika dengan teknik pengumpulan data yang diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik anali- sis yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian yang didapat dalam penelitian ini menunjukan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh menggunakan whatsapp sangat efisien dan cocok digunakan dalam pembelajaran jarak jauh karena penerapan aplikasi whatshapp grup adalah pembelajaran yang mudah dan fleksibel, serta mampu meningkatan kemandirian dalam setiap muatan pembelajaran.
The Covid-19 pandemic has harmed people's lives. All activities become blocked and restricted. Likewise in the world of education. Students need to learn to do their activities at home and force Early Childhood Education (PAUD) teachers to implement distance learning. The devel- opment of information and communication technology today is not easily accepted by all cir- cles, especially in the world of education. But it can be a good solution to increase indepen- dence in distance learning. This study aims to determine the application of the WhatsApp appli- cation in the distance learning process and increase children's independence during the pandem- ic. The research method used is descriptive qualitative research, with research subjects consist- ing of five students, teachers, and parents from Dewi Sartika Kindergarten with data collection techniques taken through observation, interviews, and documentation. The analysis technique used is data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The results obtained in this study show that the implementation of distance learning using WhatsApp is very efficient and suitable for use in distance learning because the application of WhatsApp group application is easy and flexible learning, and can increase independence in each learning content.
References
Asmani. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yo- gyakarta: Diva Press
Azzahra, N.F. 2020. Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. (online), from https:// c95e5d29-0df6-4d6f-8801-1d6926c32107.usrfiles.com/ugd/c95e5d_be- b2bbe622c241409452fe6803a410f0.pdf,diakses 10 Oktober 2020
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. https://doi.org/ 10.31004/edukatif.v2i1.89
Dwijo, A. Q. N. E. S., Indarwati, S., Suwandini, C. A. S., & Mustainah, S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Melalui Media WhatsApp Selama Pandemi COVID- 19 di RA Al-Qodir. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2), 124-131. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i2.840
Nugraheni, A. S. (2020). Metode pembelajaran melalui whatsapp group sebagai antisi- pasi penyebaran covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 126-130.
Purandina, I. P. Y., & Winaya, I. M. A. (2020). Pendidikan karakter di lingkungan kelu- arga selama pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi COVID-19. Cetta: Jur- nal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270-290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454
Satrianingrum, A.P,. & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 663. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574
Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta.
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa darurat Penyeraban Covid-19.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana