PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Bagas Okta Ris Novia Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung
  • Aan Listiana Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i6.14594

Keywords:

Ki Hajar Dewantara’s Thoughts, Warly Childhood Education

Abstract

Ki Hajar Dewantara has brilliant thoughts regarding the concept of education. His thoughts continue to be used to this day and also become a reference in the formulation of learning objectives in the independent curriculum. However, this thinking has not been implemented properly by most educational institutions in Indonesia, especially early childhood education institutions. This study aimed to investigate the implication of Ki Hajar Dewantara’s thoughts in early childhood education. The research method used was a systematic review. The electronic database used was google scholar. The initial search found 20 Journals which were then selected based on exclusive criteria there were 10 journals identified using thematic data analysis techniques. The result of this study showed that Ki Hajar Dewantara’s thoughts regarding the among system, the concepts of ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tutwuri handayani, and three education centers can be alternatives to be applied to early childhood education because they were by the characteristics and culture of the Indonesian Nation and were considered appropriate with the concept of learning in early childhood education.  

Ki Hajar Dewantara memiliki pemikiran yang cemerlang mengenai konsep pendidikan. Pemikirannya pun hingga hari ini terus digunakan dan juga menjadi acuan dalam perumusan tujuan pembelajaran pada kurikulum merdeka. Namun, pemikiran tersebut belum bisa dijalankan dengan baik oleh sebagian besar lembaga pendidikan di Indonesia, khususnya lembaga pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi dari pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam pendidikan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah sistematik review. Database elektronik yang digunakan adalah google scholar. Pencarian awal didapatkan 20 Jurnal, kemudian dipilih berdasarkan kriteria eksklusif sehingga didapatkan 10 jurnal yang diidentifikasi menggunakan teknik analisa data tematik. Hasil dari penelitian ini adalah pemikiran Ki Hajar Dewantara terkait sistem among, konsep ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tutwuri handayani, dan tri pusat pendidikan dapat menjadi alternatif untuk diterapkan pada pendidikan anak usia dini, karena sesuai dengan karakteristik dan budaya bangsa indonesia serta dianggap tepat dan sesuai dengan konsep belajar pada pendidikan anak usia dini.  

References

Aisyah, S. (2012). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Arifudin, O., dkk. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Badar, S., Muhammad, D. H., & Susandi, A., [2022] Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini menurut Ki Hajar Dewantara dan Maria Montessori, Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan. 4 (1), pp, 63-79. Retrieved from: http://jurnal.staim-probolinggo.ac.id/index.php/Muaddib/article/view/188/222

Cahyani, R., & Suyadi., [2018] Konsep Pendidikan Anak Usia Dini menurut Ki Hajar Dewantara, Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. 3 (4), pp, 219-230. Retrieved from: https://core.ac.uk/download/pdf/230724918.pdf

Fadlillah, M. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Fajri, S., & Trisuryanti, T., [2021] Gagasan Sistem Among Ki Hajar Dewantara dalam Membangun Pendidikan di Indonesia Sejak 1922 sampai dengan 2021, Jurnal Tarikhuna. 3 (1), pp, 18-27. Retrieved from: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/tarikhuna/article/view/2833

Fauziyyah, N. S., & Kuswanto., [2020] Menciptakan Tenaga Pendidik PAUD yang Berkompeten Sejalan dengan Teori Ki Hajar Dewantara, Jurnal AUDI. 1 (1), pp, 11-18. Retrieved from: https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3716

Hani, U., & Putro, K. Z., [2022] Peran Pendidik Anak Usia Dini dalam Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara, Jurnal Dunia Anak Usia Dini. 4 (1), pp, 79-95. Retrieved from: http://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC/article/view/1023

Jamaris, M. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak Kanak. Jakarta: PT Grasindo.

Kasali, R. (2019). Membangun Kecerdasan dan Kemampuan Anak Usia Dini, Demi Masa Depan yang Cemerlang. Jakarta: Mizan.

Malatuny, Y. G., [2016] Pemikiran Tokoh-Tokoh Pendidikan Indonesia, Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan. 4 (2), pp, 87-95. Retrieved from: https://media.neliti.com/media/publications/327843-pemikiran-tokoh-tokoh-pendidikan-indones-6e9927e6.pdf

Marisyah, A., Firman., & Rusdinal., [2019] Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan, Jurnal Pendidikan Tambusai. 3 (6), pp, 1514-1519. Retrieved from: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/395

Musolin, M., & Nisa, K., [2021] Pendidikan Masa Pandemik Covid 19: Implementasi Konsep Tri Pusat Pendidikan Ki Hajar Dewantara, Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (6), pp, 4134-4144. Retrieved from: https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1316

Noventari, W., [2020] Konsepsi Merdeka Belajar dalam Sistem Among menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara, Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan. 15 (1), pp, 83-91. Retrieved from: https://jurnal.uns.ac.id/pknprogresif/article/view/44902

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Rahayu, E. P., & Sugito, S., [2018] Implementasi Pemikiran Ki Hajar Dewantara di Taman Kanak Kanak, Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. 5 (1), pp, 19-31. Retrieved from: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=805315&val=7200&title=Implementasi%20pemikiran%20Ki%20Hadjar%20Dewantara%20di%20taman%20kanak-kanak

Suparlan, H., [2015] Filsafat Pendidikan Ki Hajar dewantara dan Sumbangannya bagi Pendidikan Indonesia, Jurnal Filsafat. 25 (1), pp, 56-74. Retrieved from: https://journal.ugm.ac.id/wisdom/article/view/12614/9075

Susanto, Y. H., & Jaziroh, A., [2017] Pemahaman dan Penerapan Sistem Among Ki Hajar Dewantara pada Usia Wiraga, Jurnal Ilmiah psikologi. 2 (2), pp, 119-127. Retrieved from: https://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/4463/3761

Downloads

Published

2022-12-26