ANALISIS PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI PADA KURIKULUM SEKOLAH ALAM

Authors

  • Ita Loka Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aan Listiana Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i6.14603

Keywords:

Character Formation, Children, Natural School.

Abstract

Education in Indonesia has not yet been able to form a strong character, so that various schools have emerged, one of which is a natural school that can shape character in early childhood. Character emerges from the curriculum implemented in natural schools. This study aims to de- termine what character formation occurs in children in various natural schools. The method used is systematic review with thematic data analysis techniques. The database used to search for several sources is Google Scholar. The initial search that the author did obtained 20 journals and was selected based on exclusive criteria by looking at research objectives, research meth- ods, language, characters that appeared and related to natural schools so that the identified jour- nals were found to be quite closely related to natural schools and character building based on the curriculum used. The results of this study indicate that many characters are formed, namely leadership, religious, business spirit (entrepreneurship), love of nature and independence. The formation of this character is inseparable from the curriculum used and habituation in daily ac- tivities. The formation of character in children can also be seen from the culture that exists in natural schools. There are four main curricula used in character building, namely the Moral cur- riculum, the Science curriculum, the Leadership curriculum and the Entrepreneurship curricu- lum. In addition to the four curricula, there are also schools that use a combination of curricula from the National Education Office and natural schools.

Pendidikan di Indonesia masih belum dapat membentuk karakter yang kuat, sehingga bermunculan sekolah-sekolah yang beraneka ragam salah satunya sekolah alam yang dapat membentuk karakter pada anak usia dini. Karakter muncul dari kurikulum yang diterapkan di sekolah alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter apa yang terjadi pada anak di berbagai sekolah alam. Metode yang digunakan sistematik review dengan teknik analisis data tematik. Database yang digunakan untuk mencari beberapa sumber adalah Google Scholar. Pencarian awal yang penulis lakukan didapatkan 20 jurnal dan diselesksi berdasarkan kriteria ekslusif dengan melihat tujuan penelitian, metode penelitian, bahasa, karakter yang muncul dan terkait sekolah alam sehingga didapatkan jurnal yang diidentifikasi berkaitan cukup erat dengan sekolah alam dan pembentukan karakter berdasarkan kurikulum yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa banyak karakter yang terbentuk yaitu leadership, reli- gious, jiwa bisnis (wirausaha), cinta alam dan mandiri. Pembentukan karakter tersebut tidak terlepas dari kurikulum yang digunakan dan pembiasaan dalam kegiatan sehari-hari. Pemben- tukan karakter pada anak juga dapat terlihat dari budaya yang ada di sekolah alam. Terdapat empat kurikulum utama yang digunakan dalam pembentukan karakter yaitu kurikulum Akhlak, kurikulum Sains, kurikulum Leadership dan kurikulum Entrepreneurship. Selain empat kuriku- lum itu ada juga yang sekolahnya menggunakan gabungan kurikulum dari Diknas dan sekolah alam.


References

Ardhyantama, V. (2017). Pendidikan Karakter melalui Cerita Rakyat pada Siswa Seko- lah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 95–104. http://ejour- nal.upi.edu/index.php/IJPE/index

Cahyani, Nu., & Raharjo, T. J. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Pem- biasaan di PAUD Sekolah Alam Ungaran. Lifelong Education Journal, 1(1), 53– 65. https://journal.imadiklus.or.id/index.php/lej/article/view/15

Daniati, S. P., Subiyantoro, S., & Fadhilah, S. S. (2019). Natural school culture as a free and fun alternative education in building the students’ character. Elementary Edu- cation Online, 18(1), 331–342. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2019.527617

Fatmawati, Y. (2020). Peran Kurikulum Akhlak Dalam Membentuk Karakter Di Seko- lah Alam SOU Parung Bogor. Tematik Universitas Negeri Medan, 10(2), 74–80. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/

Hadziq, A. (2016). Pembelajaran Agama Dan Lingkungan Dalam Kultur Sekolah Alam: Potensi Membumikan Kesadaran Lingkungan Sejak Dini Di Sekolah. Jurnal Tat- sqif, 14(1), 1–32. https://doi.org/10.20414/jtq.v14i1.19

Hamadani, A. (2019). Sekolah Alam: Alternatif Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Harkat : Media Komunikasi Gender, 11(1), 86–95. https://doi.org/10.15408/ harkat.v15i1.10433

Hati, S. T. (2017). Model Pendidikan Karakter yang Baik di Sekolah Alam. IJTI- MAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 1(2)

Hidayati, I. F., & Prihatin, T. (2016). Pengelolaan Kurikulum Sekolah Alam di TK Alam Al Biruni Cirebon. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 4(1), 32–39.

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter

Anak Usia Dini. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 197–204. https://doi.org/

21070/picecrs.v1i3.1396

Izzati, S. L., & Anwar, E. (2017). Manajemen Pembelajaran Berbasis Sekolah Alam

Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Tadbir Muwahhid, 1(1), 57. https://

doi.org/10.30997/jtm.v1i1.840

Jayanti, M. E. W. (2014). Manajemen Kurikulum PAUD Berbasis Alam (Studi Kasus di

Paud Alam Ar-Ridho Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014). BELIA: Early Child-

hood Education Papers, 3(1), 1–7.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Golden Age Universitas

Hamzanwadi, 01(2), 82–89.

Musayadah, K. R & Muafiah, E. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah

Alam Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Mi Pelangi Alam Ponorogo). Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1(01), 85–95. https:// doi.org/10.21154/excelencia.v1i01.115

Kristina, M., Sari, R. N., & Puastuti, D. (2021). Implementasi Kurikulum Sekolah Alam Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Alam Al Karim Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 347. https:// doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.24376

Miftha I. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Alam Palembang. Prosid- ing Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang.

Mukaromah, L. (2020). Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini (Studi Analisis Di TK Jogja Green School). Childhood Education : Jur- nal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 85–95. https://doi.org/10.53515/cji. 2020.1.2.85-95

Mulyanah, D., Legiani, W. H., & Lestari, R. Y. (2020). Model Kurikulum Sekolah Alam Berbasis Karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 5(2), 75–80.

Ningrum, I. K., & Purnama, Y. I. (2019). BUKU SEKOLAH ALAM. Ngoro Jombang : Kun Fayakun

Pangestika, N., Malik, A., Shofwan, I., & Siswanto, Y. (2021). Implementation of Char- acter Education at Paud Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. Space, 7(3), 191–204. https://media.neliti.com/media/publications/343096-implementation-of-character- education-at-b31f68e4.pdf

Qibtiah, E. A., Retnowati, R., & Laihad, G. H. (2018). Manajemen Sekolah Alam Dalam Pengembangan Karakter Pada Jenjang Sekolah Dasar Di School of Uni- verse. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 626–635. https://doi.org/10.33751/jm- p.v6i2.789

Rahmi, L., Adilla, U., Juliana, R., Yuisman, D., & -, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Dengan Metode Belajar Bersama Alam (Bba) Guna Membangun Karakter Anak Semenjak Dini Pada Sekolah Alam Muara Bungo (Samo). Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 410. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1177

Purnamasari, S. M. (2016). Implementasi Kurikulum Sekolah Alam dalam Menjawab Tantangan Abad 21. INTERNATIONAL CONFERENCE OF MOSLEM SOCIETY, 1, 94–104.

Sofanudin, A. (2019). Implementasi Kurikulum Pada Sekolah Alam Insan Mulia

( SAIM) Surabaya The Best Practice of Curriculum Implementation at Pendahulu-

an. Jurnal SMaRT Studi Masyarakat, Religi Dan Tradisi, 05(01), 15–27.

Saputra, T. D. B. (2021). The Uniqueness of Japanese Passive Voice -A New Approach to Understanding Japanese Passive Voice-. Basic and Applied Education Research

Journal, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.11594/baerj.02.01.08

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Fungsi Sistem

Pendidikan Nasional

Wiyani, N. A. (2020). Manajemen Program Pembiasaan bagi Anak di PAUD Banyu Be-

lik Purwokerto. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1),

https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.7044

Yulia, S., Raharjo, T. J., Fakhruddin, F., & Formen, A. (2021). Problematika Pendidikan

Karakter Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 4(1), 248–254. https://proceeding.unnes.ac.id/in- dex.php/snpasca/article/view/858

Downloads

Published

2022-12-27