IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA

Authors

  • Siti Dewi Tresnawati Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat
  • Aan Listiana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i6.14755

Keywords:

Early Childhood, Religious Value, Story telling

Abstract

This study is set in the background by the importance of providing an understanding of Islamic religious values to children from an early age. These values are related to moral values that af- fect behavior as the basis of religious practice. The study aims to know the implementation of religious values, especially Islam in early childhood learning by using storytelling methods. This study uses a systematic literature review method that focuses on searching various refer- ences using keywords in electronic databases with a thematic data analysis technique. The data- base used in the search process is Google Scholar. The reference search process found 20 se- lected journal articles which were then filtered again based on exclusive criteria. So 10 journals were obtained through a thematic search process. The results of this study found that the use of the storytelling method was mostly carried out by teachers on students aged 4-6 years. Usually, the use of storytelling methods is done either by telling stories directly or using props such as dolls and pictures to dramatize stories. In addition, the religious values that appear in the story are adapted to values that are easily understood by children. The use of the storytelling method shows significant results in instilling religious values in early childhood.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pemberian pemahaman akan nilai-nilai agama Islam terhadap anak sejak usia dini. Nilai-nilai tersebut berkaitan dengan nilai moral yang berpengaruh pada perilaku sebagai dasar dari pengamalan agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai keagamaan, khususnya agama islam dalam pembelajaran pada anak usia dini dengan menggunakan metode bercerita. Penelitian ini menggunakan metodesystematic literature review yang menitikberatkan pada pencarian berbagai referensi menggu- nakan kata kunci dalam database elektronik dengan teknik analisis data tematik. Database yang digunakan dalam proses pencarian ialah google scholar. Proses pencarian referensi menemukan 20 artikel jurnal terpilih yang kemudian disaring kembali berdasarkan kriteria yang ekslusif. Se- hingga didapatkan 10 jurnal yang didapat melalui proses identifikasi berdasarkan tematik. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa penggunaan metode bercerita banyak dilakukan oleh guru kepa- da siswa berusia 4-6 tahun. Biasanya penggunaan metode bercerita dilakukan baik dengan bercerita secara langsung, menggunakan alat peraga seperti boneka dan gambar hingga melakukan dramatisasi cerita. Selain itu, nilai-nilai keagamaan yang dimunculkan dalam cerita disesuaikan dengan nilai-nilai yang mudah dipahami oleh anak. Penggunaan metode bercerita menunjukkan hasil yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada anak usia dini secara signifikan.


References

Anjarsari, A., & Agustin, E. (2022). Implementasi Metode Cerita Islami Dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di Tk. Jurnal El-Audi, 3(1), 06–11. https://doi.org/10.56223/elaudi.v3i1.44

Arsita, L. (2017). Mengembangkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Mengembangkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Ditaman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kecamatan Sukarame Bandar Lampung, 3.

Faulinawati, W. A. (2008). Implementasi Metode Cerita Islami dalam Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di Raudlatul Athfal Al-Fattah Peterongan Jombang (Issue 04110176). Universitas Islam Negeri Malang.

Fauziah, R., & Abdurakhman, D. O. (2013). Metode Cerita (Berbasis Cerita Dalam Al-Quran) Pada Pendidikan Anak Usia Dini Methods of Story-Based Stories in the Qur’an in Early Childhood Education. Jurnal Sosial Humaniora, 4(1), 34–44. https://doi.org/10.30997/jsh.v4i1.448

Hakim, A. (2016). Pengembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral di Taman Kanak-Kanak. Ta’Dib Jurnal Penduidikan Islam, 05(01), 1–20. https://doi.org/10.29313/tjpi.v5i1.1980

Hamdanah, & Baharan, A. K. (2022). Peranan Metode Bercerita Terhadap Efektivitas Penanaman Nilai Keagamaan Anak. DIALEKTIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–14.

Hanum, L. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Melalui Metode Bercerita di Yayasan Pendidikan Al-Fazwa Islamic School. Fitrah: Journal of Islamic Education, 3(1), 1–13. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah/article/view/87%0Ahttps://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah/article/download/87/52

Iqbal, M. ., Deswalantri, D., Jasmienti, J., & Ilmi, D. . (2022). PENANAMAN NILAI AKHLAK MELALUI METODE BERCERITA PADA SISWA DI TK ISLAM AL-ABRAR PAKAN SINAYAN KEC. BANUHAMPU KAB. AGAM . KOLONI, 1(3), 667–673. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i3.220

Khairiyah, D. (2020). Penerapan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Moral Dan Agama Anak Usia Dini. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 175–187. https://doi.org/10.24952/di.v7i2.2236

Khodijah, Malik, H. A., & Herminastiti, R. (2021). Implementasi Metode Bercerita dengan Media Boneka Tangan dalam Pembelajaran Daring. SEMNARA: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 01, 66–73.

Kusnilawati, Fauziddin, M., & Astuti. (2018). Meningkatkan Aspek Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 28–38. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.4

Makhmudah, S. (2020). Penanaman Nilai Keagamaan Anak Melalui Metode Bercerita. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 68–79. https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.9189

Nuriani, N. W., Lasmawan, I. W., & Sutama, I. M. (2014). Efektivitas Metode Bercerita Dengan Alat Peraga Tiruan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dan Minat Belajar Anak Di Kelompok B Tk Barunawati. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 4, 1–10.

Nurmukjizatiah, M., Marlina, L., & Murtopo, A. (2022b). Pengaruh Metode Bercerita Tema Islami Terhadap Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di Kelompok B Paud Sultan Agung 1 Ilir Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1707–1715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5702

Oktaviani, S., Suhardini, A. D., & Hakim, A. (2021). Penanaman Nilai-nilai Sopan Santun Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Cerita di TK Bandung. Prosiding Pendidikan Guru PAUD, 6(Pros. Pendidik. Guru PAUD), 207–212.http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23991

Primawidia, E. (2019). Penerapan Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di Tk Dwi Pertiwi Sukarame Bandar Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Puldri, M. A. F. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Bercerita Di Sd N 07 Sumanik Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 61. https://doi.org/10.31958/jaf.v5i1.816

Rizqillah, A. H., Khamidun, & Nurussa’adah. (2013). Metode Bercerita Sebagai Model Penanaman Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Usia Prasekolah Pada Area. Early Childhood Education Papers ( Belia ), 2(1), 17–22. 10.15294/BELIA.V2I1.2242

Satria, F., Kurniati, A., & Susanti, S. M. (2022). STIMULASI NILAI-NILAI KEAGAMAN ANAK USIA 3-4 TAHUN DENGAN METODE CERITA DI DESA LAMBALE KECAMATAN KULISUSU BARAT. Jurnal Wawasan Sarjana, 1(1), 21-28.

Sinaga, D. Y., Hasibuan, S. H., & Sembiring, E. H. (2022). Implementasi Metode Cerita Islami dalam Penanaman Moral Keagamaan. Jurnal Mahasiswa TARBAWI: Journal on Islamic Education, 5(2), 1–16. 10.24269/tarbawi.v1i1.1249

Somantri, G. R. (2005). Memahami metode kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57-65. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122

Syofiyanti, D., & Purnomo, D. (2020). Implementasi Metode Cerita Islami dalam Menanamkan Moral Keagamaan Siswa di MIS Nurul Islam Seresam. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(1), 1. https://doi.org/10.24014/jiik.v10i1.10103

Downloads

Published

2022-12-27