PENERAPAN MEDIA BUKU CERITA ISLAMI POP UP TIGA DIMENSI TERHADAP NILAI MORAL AGAMA ANAK PRASEKOLAH

Authors

  • Shilfianne Nurmahmudah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi
  • Ayu Rissa Atika Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i3.14758

Keywords:

Moral Religious Values, Preschoolers, Three Dimensional Pop Up Islamic Storybooks

Abstract

Ilmu spiritual merupakan pengetahuan yang membahas faedah ataupun nilai, yakni keahlian dengan meletakan sikap juga kehidupan kita melalui latar belakang nilai dengan cakupan yang luas, atau keahlian dalam memberi penilaian hingga perbuatan ataupun kiprah individu jadi lebih berarti dibanding yang lainnya (Zohar & Marshall, 2007). Dari sebuah riset yang peneliti lakukan bertujuan untuk menggambarkan penggunaan dari media buku cerita islami pop up Tiga Dimensi dalam mengembangkan Nilai Moral Agama anak pra-sekolah. Dalam metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, pengambilan data dilaksanakan dengan observasi dan wawancara. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelompok B yang terdiri dari 11 orang anak. Analisis data yang digunakan ialah data kualitatif, biasanya data tidak bisa diubah menjadi angka. Pengembangan Nilai Moral Agama pada anak kelompok B di SPS AL-Mashduqiyah dengan media buku cerita islami pop up tiga dimensi dapat berkembang dengan optimal sesuai tahap usia perkembangannya, di antaranya anak mampu berperilaku mulia, menambah wawasan agama anak, anak mampu mengambil pesan-pesan positif dari cerita yang disampaikan dalam buku cerita, melatih otot halus karena terdapat beberapa fitur di dalam buku yang dapat digerakkan dengan tangan, menanamkan moral rasa ingin tahu terhadap hal-hal baru serta dapat membentuk kepribadian positif dan kepribadian religius pada anak.

This article is motivated by the lack of stimulation in children's language skills in group A at Mutiara Hati Kindergarten. Therefore, because of the problems in Mutiara Hati Kindergarten, especially group A, their language skills still need to be improved, and actions are needed that will be able to change language skills in children. From this explanation, the researchers used the question-and-answer method to be applied in this study to achieve the goal of improving children's language skills, while the purpose of this study was to improve children's language skills through the question-and-answer method. This research was conducted at Mutiara Hati Kindergarten, namely in group A children, totaling 5 children, namely 2 boys and 3 girls. The method in this study uses a qualitative descriptive method with data collection techniques using observation, documentation, and interviews and data analysis using data display, data reduction, and conclusion. Based on the results of research on children's language skills, the final results of the assessment of students Di, Za, Fi, Na, and Rn obtained a very well-developed assessment (BSB). seen in the assessments that have been carried out on predetermined indicators.


References

Aziz, A., & Majid, A. (2008). Mendidik dengan cerita. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Fadlillah, M., & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan karakter anak pra-sekolah. Jogjakarta: Ar-

Ruzz Media, 25.

Hartati, N. dkk, (2005). Islam dan Psikologi. Jakarta: Rajagraindo.

Hidayat, OS. (2007). Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama. Universitas Terbuka: Tangerang

Kohlberg, L. (2008). The development of children’s orientations toward a moral order. Human Development, 51(1), 8-20.

Mansur, D.M.A. (2009). Pendidikan Anak pra-sekolah dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak, (cet ke-2). Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Moleong, L. J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2014). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, Dan Implementasi (School-Based Management: Concept, Strategy, and Implementation). PT. Remaja Rosda Karya: Bandung.

Mulyasa, E. (2014). Guru dalam implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya offset.

Pramesti, J. (2015). Pengembangan Media buku pop-up Tema Peristiwa Untuk Kelas III SD Negeri Pakem 1. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Rahmawati, W. (2016). Pengembangan Media Buku pop-up Pada Tema Air, Bumi, dan Matahari Kelas II Sekolah Dasar(Doctoral dissertation, dari Universitas Muhammadiyah Malang).

Sefriastina, M. (2016). Pop up Book untuk motivasi Belajar Anak. Yayasan Al Muslim Tambun, 3.

Yulia, A. (2019). Aku Cinta Nabi 2. Jawa Tengah: CV Rayya Creativa

Zohar, D., & Marshall, I. (2007). SQ-Kecerdasan Spiritual. Bandung: Mizan Pustaka.

Downloads

Published

2023-06-11