MEDIA PEMBELAJARAN BALOK: UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK B

Authors

  • Siti Aminah Taman Kanak-kanak Qur’an (TKQ) Al Ikhlas Cirejag, Kab. Karawang, Indonesia
  • Heni Nafiqoh Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i3.15084

Keywords:

Educators, Cognitive Abilities, Geometric Shapes, Block Media

Abstract

The purpose of this study was to describe scenarios and implementation, teacher and child responses as well as the obstacles faced during the application of educators' efforts to improve cognitive abilities through geometric shapes using block media in group B children. Qualitative descriptive is a method that researchers use, to process data, researchers conduct data analysis which is carried out continuously since data collection. In a series of data analyses, reducing data, displaying data, and drawing conclusions are the steps carried out by researchers. Observations, interviews, and documentation studies are the data collection tools. The research subjects were 1 teacher, a principal as an informant, and 14 children in group B at TKQ Al Ikhlas Cirejag, Karawang Regency. The results of this study show that the teacher guides and teaches repeatedly until the results of the achievement level of children's cognitive development through geometric shapes develop very well and increase in these activities, of the 14 children studied, 13 experienced very good development (BSB) in four indicators studied, while 1 child showed the results of the achievement of developing according to expectations (BSH). This proves that there is a positive response from teachers and children to these learning activities. The obstacles faced when implementing the learning were the limited number of blocks that made the children fight with each other, while the difficulties that arise from the children are the presence of children who are too active in the class and often disturb their friends to disrupt the learning process.

Tujuan dari penelitian ini adalah  untukmendeskripsikan skenario dan implementasi, respon guru dan anak serta kendala-kendala yang dihadapi pada saat penerapan terhadap upaya pendidik dalam meningkatan kemampuan kognitif melalui bentuk geometri dengan menggunakan media balok pada anak kelompok B . Deskriptif kualitatif merupakan metode yang peneliti gunakan, untuk mengolah data peneliti melakukana analisis data yang  dilakukan secara terus menerus sejak pengumpulan data. Dalam rangkaian analisis data mereduksi data, display data dan menarik kesimpulan adalah tahapan yang dilakukan peneliti. Observasi, wawancara dan studi dokumentasi merupakan alat pengumpulan datanya. Subjek penelitiannya adalah 1 guru, seorang kepala sekolah sebagai informan dan 14 anak kelompok B di TKQ Al Ikhlas Cirejag Kabupaten Karawang.  Hasil dari penelitian ini memperlihatkan guru membimbing dan mengajarkan secara berualang-ulang hingga diperoleh hasil tingkat pencapaian perkembangan kognitif anak melalui bentuk geometri tersebut berkembang sangat baik  dan meningkat dalam kegiatan tersebut, dari 14 anak yang diteliti, 13 mengalami perkembangan sangat baik (BSB) dalam empat indikator yang diteliti, sedangkan 1 anak menunjukan hasil pencapaian berkembang sesuai harapan (BSH). Hal ini membuktikan adanya respon positif dari guru dan anak dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Kendala-kendala yang dihadapi saat mengimplementasikan pembelajaran tersebut adalah keterbatasan jumlah balok yang ada sehingga menjadikan anak saling berebut,sedangkan kesulitan yang timbul dari anak adalah terdapatnya anak yang terlalu aktif dalam kelas yang sering mengganggu teman-temannya sehingga menjadikan terganggunya proses pembelajaran.

References

Nafiqoh, Heni. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Aud Dengan Menggunakan Permainan Memancing Angka Pada Kelompok A. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD IKIP Siliwangi Bandung, 3(2).

Isjoni. (2011). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nidho. (2013). mengembangkan model pembelajaran tematik. Jakarta : PT. Prestasi Pustakarya

Rustiyanti, D.W. (2014). Peningkatan Kemampuan mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Dakon Geometri pada Anak Kelompok A TK Arum Puspita Triharjo Pundak Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Skripsi Tidak Dipublikasikan

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Wahyudi dan Damayanti, (2005). Program Pendidikan untuk Anak Usia Dini di Prasekolah Islam. Jakarta: Grasindo

Downloads

Published

2023-05-16