JIWA ENTREPRENEURSHIP ANAK USIA DINI: IMPLEMENTASI KEGIATAN MENGEMAS DAN MENDEKOR POT TANAMAN HIAS PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Teti Haryati Amyanti Kelompok Bermain (KOBER) Aisyiyah Riyadul Amanah Sukawening, Garut, Indonesia
  • Chandra Asri Windarsih Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.
  • Syah Khalif Alam Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i2.15085

Keywords:

Entrepreneurship, Ornamental Plants, Early Childhood, Pandemic

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran dalam menumbuhkan jiwa entrepeneurship melalui kegiatan mengemas dan mendekor pot tanaman hias pada masa pandemi covid-19 pada anak usia dini di KB. Aisyiyah Riyadul Amanah masih rendah, sehingga anak tidak tertarik dan cepat bosan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan pembelajaran melalui kegiatan mengemas dan mendekor pot tanaman hias dalam menumbuhkan jiwa entrepeneurship pada masa pandemi Covid-19 dan respon anak dalam pembelajaran. Melalui kegiatan mengemas dan mendekor pot tanaman hias merupakan salah satu cara dalam menumbuhkan jiwa entrepeneurship pada anak di masa covid-19. Subjek pada peneltian ini anak kelompok B di KB. Aisyiyah Riyadul Amanah yang berjumlah 10 orang yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelompok usia 4-5 tahun. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data berupa reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan mengemas dan mendekor pot tanaman hias dapat menumbuhkan jiwa entrepeneurship pada anak dengan perencanaan yang baik sesuai skenario pembelajaran, sehingga anak mampu mengemas dan mendekor pot tanaman hias dengan baik, respon anak terlihat merasa senang, gembira serta antusias dalam pembelajaran karena didukung kegiatan yang menyenangkan.

This research was motivated by learning in growing the spirit of entrepreneurship through pack- aging and decorating ornamental plant pots during the covid-19 pandemic in early childhood in family planning. Aisyiyah Riyadul Amanah is still low, so children are not interested and get bored quickly in learning. The purpose of this study is to describe learning through packaging and decorating ornamental plant pots in fostering an entrepreneurial spirit during the Covid-19 pandemic and children's responses to learning. The activity of packing and decorating pots of ornamental plants is one way to grow the entrepreneurial spirit in children during the Covid-19 period. The subjects in this study were group B children in family planning. Aisyiyah Riyadul Amanah, totaling 10 people consisting of 6 girls and 4 boys. The research used is a qualitative descriptive method with the research subjects of 4-5-year-old students. The data was collected through observation, interviews, and documentation. Data analysis in the form of data reduction, data display, and conclusions. The results of this study indicate that the activities of pack- ing and decorating potted ornamental plants can foster an entrepreneurial spirit in children with good planning according to the learning scenario so that children can pack and decorate pots of ornamental plants well, the child's response looks happy, happy and enthusiastic in learning because supported by fun activities.

References

Devi, D. P., Sa’dullah, A., & Sulistiono, M. (2021). IMPLEMENTASI PEREN- CANAAN PEMBELAJARAN OLEH GURU PAI POLA PEMBELAJARAN DARING BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMAN 1MALANG. Vi- cratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 6(5), 39-49.

Hani, A. A. (2019). Evaluasi pembelajaran pada PAUD. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 7(1), 51-56.

Jatira, Y., & Neviyarni, S. (2021). Fenomena Stress dan Pembiasaan Belajar Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 35-43. https:// doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.187

Lasmini, L., & Windarsih, C. A. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Kecerdasan Intrapersonal Melalui Kegiatan Market Day. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 432-438. http://dx.doi.org/10.22460/ ceria.v3i5.p%25p

Nazir. M. (2011). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia

Rakhman, A., & Alam, S. K. (2020). Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Meningkatkan Life Skill Pada Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2), 9-17. https:// doi.org/10.22460/ts.v6i2p9-17.2063

Subekti, H. A. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Entrepreneurship Pada Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Karakter Di Kelompok B Ra Semai Benih Bangsa Al Fikri Manca Kretek. From http://digilib.uin-suka.ac.id/33586/1/14430013_BAB- I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Syahid, A. A. (2019). Gembira bersekolah: memaknai fun learning di sekolah dasar. In Current Research in Education: Conference Series Journal (Vol. 1, No. 1, p. 006).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, from http://Simkeu.Kemdikbud

Downloads

Published

2023-03-11