PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI ANAK USIA DALAM PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Difnasari Firda Rohman TK Kartika X-8, Jl. Karangsari No. 42, Kel. Cibeureum, Kec. Cimahi Selatan, Kota Cimahi
  • Heni Nafiqoh IKIP SILIWANGI, Jl. Terusan Jend. Sudirman, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40521

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i2.15514

Keywords:

Parental Role, Independent Character, Early Childhood Online Learning

Abstract

Peran Orang tua dalam perkembangan dan pertumbuhan anak sangatlah penting, tetapi peran orang tua dalam membimbing saat pembelajaran berlangsungpun sangat penting. Sebagai orang tua harus mencontohkan karakter-karakter yang baik, yaitu salah satunya karakter mandiri. Di mana karakter mandiri ini sangat diperlukan oleh anak, agar anak tidak terus dibantu oleh orang tua dalam kegiatan sehari-hari. Karakter mandiri ini sangat penting bagi anak usia dini. Anak usia dini saat masa pandemi kebanyakannya malah manja, melakukan apa-apa dibantu orang tua. Masa pandemi ini anak sangat terbatas melakukan aktivitas dan banyak melakukan kegiatan di rumah. Masa pendemi ini mengakibatkan anak-anak melakukan pembelajaran daring atau biasa disebut pembelajaran dalam jaringan. Tujuan penelitian ini yaitu peran orang tua dalam pembentukan karakter mandiri pada anak usia dini dimasa pandemi dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis data dalam penelitian dilakukan secara induktif. Subjek penelitian ini adalah anak usia dini dari Kelompok A berjumlah 4 orang, yaitu 2 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Teknik dan alat pengumpulan data meng- gunakan teknik wawancara, observasi, studi dokumentasi dan studi literature. Dari hasil penelitian yang diambil dari kegiatan yang dilakukan secara daring pada masa pendemi, orang tua berperan sangat baik dalam melakukan pembiasaan yaitu makan sendiri dan cuci tangan

The role of parents in the development and growth of children is very important, but the role of parents in guiding the learning process is also very important. As a parent, you must set an example for good characters, one of which is independent character. Where this independent char- acter is very much needed by children, so that children do not continue to be assisted by parents in daily activities. This independent character is very important for early childhood. Most of the early childhood children during the pandemic were spoiled, doing anything with the help of their parents. During this pandemic, children are very limited in doing activities and doing a lot of activities at home. This pandemic period has resulted in children doing online learning or commonly known as online learning. The purpose of this study is the role of parents in the formation of independent character in early childhood during the pandemic in online learning. This study used descriptive qualitative method. Data analysis in the study was carried out in depth. The subjects of this study were early childhood children from Group A totaling 4 people, namely 2 boys and 2 girls. Techniques and data collection tools using interview techniques, observa- tion, documentation studies and literature studies. From the results of research taken from activities carried out online during the pandemic, parents play a very good role in making habits, namely eating alone and washing hands.

References

Aprianti, E. (2018). Penerapan pembelajaran BCM (bermain, cerita, menyanyi) dalam konteks perkembangan sosial emosional anak usia dini di Kober Baiturrohim Kabupaten Bandung Barat. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 195-211. https://doi.org/10.22460/ ts.v3i2p195-211.651

Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis.

Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal kendala guru paud dalam mengajar pada masa pandemi Covid 19 dan implikasinya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334-345. 10.31004/obsesi.v5i1.598

Budiyanto, M., & Machali, I. (2014). Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pen- didikan Agriculture Di Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 108-122. 10.21831/jpk.v0i2.2784

Daradjat, Z. (2004). Ilmu Pendidikan Islam, Cet. V. Jakarta: Bumi Aksara.

Fatmawati, E., Huzaimah, E., & Nafiqoh, H. (2018). Mengembangkan Nilai Moral Dan Disiplin Aud Melalui Metode Bercerita. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(2), 41-46.

KEBUDAYAAN, M. P. D., & INDONESIA, R. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun

Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Lestari, R. H., Sumitra, A., Nurunnisa, R., & Fitriawati, M. (2020). Perancangan Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Sistem Informasi Berbasis Website. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1396-1408. 10.31004/ob- sesi.v5i2.770

Maryono, M., Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 20-38. https:// doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6750

Setiadi, M. A., & Agustin, M. (2020). Kindergarten Teachers' Perception of Outbound Activities in influencing multiple intelligence of early childhood. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(4), 344-353. http://dx.doi.org/10.22460/ ceria.v3i4.p%25p

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.:Alfabeta.

Downloads

Published

2023-03-09