PEMBELAJARAN DARING: METODE BERMAIN KARTU HURUF DALAM MENINGKATKAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA DINI

Authors

  • Teti Salamah Kelompok Bermain (Kober) Al I’anatutholibin, Kab. Garut, Provinsi Jawa Barat
  • Sharina Munggaraning Westhisi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota. Cimahi, Provinsi Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i2.16068

Keywords:

Online Learning, Letter Card Playing Method, Early Literacy

Abstract

Pra keaksaraan atau keaksaraan awal adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan kemampuan menggunakan aksara dan mengenal huruf vokal dan konsonan yang dikuasai anak sebagai kemampuan dasar sebelum belajar membaca dan menulis dengan baik dan benar. Dalam pembelajaran daring guru dituntut untuk berinovasi dalam memilih metode dan media pembelajaran yang tepat untuk mengenalkan serta meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan skenario dan implementasi pembelajaran daring, respon anak, serta kendala guru selama pembelajaran daring berlangsung dalam mengenal keaksaraan awal pada anak melalui metode bermain kartu huruf. Dengan menggunakan metode bermain kartu huruf diharapkan anak mampu mengenal huruf vokal dan konsonan dengan optimal sebagai dasar dalam membaca dan menulis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan guru, peserta didik serta orang tua kelompok A di Kober Al-I’annatutholibin sebagai subjek dari penelitian dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, dis- play data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan keaksaraan awal anak meningkat dengan metode bermain kartu huruf, respon anak dan gurupun me- nunjukan respon yang positif, namun dalam pmbelajaran daring ini terdapat beberapa kesulitan yang dihadapi anak dan kendala yang dihadapi guru namun dapat teratasi sehingga pembela- jaran dapat terlaksana dan menunjukan hasil yang signifikan dalam mengenal keaksaraan awal.

Pre-literacy or early literacy is a term used to describe the ability to use letters and recognize vowels and consonants that are mastered by children as basic skills before learning to read and write properly and correctly. In online learning, teachers are required to innovate in choosing the right learning methods and media to introduce and improve children's early literacy skills. This study aims to describe scenarios and implementations of online learning, children's re- sponses, and teacher constraints during online learning in recognizing early literacy in children through the letter card playing method. By using the letter card playing method, it is hoped that children will be able to recognize vowels and consonants optimally as a basis for reading and writing. This study uses a descriptive qualitative research method involving teachers, students and parents of group A in Kober Al-I'annatutholibin as the subject of research with data collection techniques using observation, interviews, and documentation studies. Data were analyzed through data reduction, data display and data verification. The results of this study indicate that the development of children's early literacy increases with the letter card playing method, the responses of children and teachers also show a positive response, but in this online learning there are several difficulties faced by children and obstacles faced by teachers but can be overcome so that learning can be carried out and showed significant results in recognizing early lit- eracy.


References

Bilfaqih, Y., & Qomarudin,M.N (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta : CV Budi Utama.

Departemen Pendidikan Nasional. (2015). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarat: Gramedia.

Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan teknologi informasi dalam menciptakan model inovasi pembelajaran (e-learning). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(1), 117-140. http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i1.396

Hasbi & Wahyuni. (2020). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hasbi, M., Wardhani, R. R., & Widyastuti, E. (2020). Penilaian perkembangan anak selama belajar dari rumah. From, https://repositori.kemdikbud.go.id/18175/ Kuntarto, E. & Asyhar, R. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Aspek Learning Design dengan Platform Media Sosial Online Sebagai Pendukung Perkuliahan Mahaanak. Repository Unja. Https://repository.unja.ac.id/cgi/users/ home? screen=EPrint::View&eprintid=626. Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Miles & Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber tentang Metode-

metode Baru). (Penerjemah: Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press.

Putra, N., & Dwilestari, N. (2012). Penelitian Kualitatif PAUD. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. (Alih bahasa: Mila Rachmawati). Jakarta:Erlangga.

Sari, P. (2015). Memotivasi belajar dengan menggunakan e-learning. Ummul Qura,6(2), 20-35.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini :Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenada Media Group

Suyanto. (2010). Pendidikan Karakter Teori dan Aplikasi. Jakarta : Rineka Cipta.

Downloads

Published

2023-03-09