METODE CANTOL ROUDHOH: METODE PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI PADA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Yanti Rohyanti Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Hj. Siti Mariam Cianjur, Kab. Cianjur. Provinsi Jawa Barat
  • Dedah Jumiatin Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provins Jawa Barat, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i6.16239

Keywords:

Reading Ability, Cantol Roudhoh, Online Learning

Abstract

Metode Cantol Roudhoh adalah metode menghafal suku kata dengan sistem cantol yang disampaikan melalui cerita, bernyanyi, bermain dengan menggunakan alat peraga. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah peserta didik Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Hj. Siti Mariam. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 15 peserta didik di Kelompok B dan dipilih berdasarkan pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui skenario dan implementasi, respon guru dan peserta didik, kesulitan yang dihadapi peserta didik serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru pada pelaksanaan kegiatan penggunaan metode cantol roudhoh. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh berupa uraian kata-kata atau gambar dan tidak menekankan pada bilangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui hasil observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah data lapangan, direduksi, dideskripsikan dan dianalisis. Dari hasil penerapan metode cantol roudhoh yang dilakukan secara daring, dapat diketahui bahwa metode cantol roudhoh ini kurang efektif dalam memudahkan kemampuan membaca pada anak usia dini dikarenakan beberapa kendala, seperti waktu yang terbatas, jaringan internet yang tidak selalu stabil pada saat pembelajaran daring berlangsung dan kurangnya interaksi pada saat pembelajaran baik bertanya pada guru maupun interaksi antar teman.

The Cantol Roudhoh method is a method of memorizing syllables with a hook system that is conveyed through stories, singing, and playing using props. The population taken in this study were the students of the Integrated Islamic Kindergarten Hj. Siti Mariam. While the samples used were 15 students in Group B and were selected based on sampling with certain considerations. The purpose of this study is to determine the scenario and implementation, the responses of teachers and students, the difficulties faced by students, and find out the obstacles faced by teachers in the implementation of activities using the cantol roudhoh method. The method used is the descriptive qualitative research method. The data obtained is in the form of a description of words or pictures and does not emphasize numbers. The data collection technique used is through the results of observation and documentation. The analysis technique used is field data, reduced, described, and analyzed. From the results of the application of the cantol roudhoh method which is carried out online, it can be seen that the cantol roudhoh method is less effective in facilitating reading skills in early childhood due to several obstacles, such as limited time, the internet network is not always stable when online learning takes place and the lack of interaction during learning both asking the teacher and the interaction between friends.

References

Dhieni, N (2013). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka. Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika pembelajaran daring dan luring anak usia dini bagi guru dan orang tua di masa pandemi Covid 19. Jur- nal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825-1836. 10.31004/ob-

sesi.v5i2.1013

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21, Cet.2. Bogor : Ghalia Indonesia

Huda, F.A. (2017). Pengertian tentang Kemampuan Membaca. [Online]. Tersedia:https://fatkhan.web.id/kemampuan-merupakan-sesuatu-yang-telah-tertanam-di-dalam-diri-seseorang-kemampuan-yang-dimiliki-seseorang-dapat/

Nurhasanah, E., & Kusnandar, Y. (2007). Penuntun Penggunaan Metode Cantol Roudhoh. Bandung : Mumtaz Agency.

Santrock, J.W. (2011). Child Development (Perkembangan Anak Edisi 11 Jilid 2, Penerjemah: Rachmawati dan Kuswanti). Jakarta: Erlangga

Sugiyono, S. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.

Suwardi. (2007). Manajemen Pembelajaran. Surabaya : Temprina Media Grafika

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). 2020. Jakarta:Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Kencana.

Downloads

Published

2022-12-24