PERAN GURU DALAM MENSTIMULUS KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI APLIKASI WHATSAPP

Authors

  • Andini Febriyanti TK Permata Ibu, Kab. Bandung Barat, Provins Jawa Barat
  • Heni Nafiqoh Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provins Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i2.16259

Keywords:

Teacher's Role, Interpersonal Intelligence, What's App Application

Abstract

Peran seorang guru sangat penting dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini di taman kanak- kanak dalam menstimulus semua kecerdasan dan perkembangan pada anak usia dini, salah sat- unya yaitu kecerdasan Interpersonal. Kecerdasan interpersonal yaitu kecerdasan yang bisa berkomunikasi dengan orang lain atau mempunyai komunikasi yang baik dengan orang yang dikenal atau baru dikenal. Pada pembelajaran saat ini untuk menstimulus kecerdasan interper- sonal maka guru menciptakan pembelajaran yang menyenangkan menggunakan aplikasi What’s App. Setiap pembelajaran anak-anak selalu menggunakan Aplikasi What’s App untuk berinter- aksi dengan anak dengan cara merekam video yang anak lakukan. Metode penelitian menggu- nakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawan- cara, obervasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kualititatif. Penelitian ini dilakukan di TK Permata Ibu dengan tujuan untuk menstimulus kecerdasan interpersonal melalui aplikasi What’s App pada anak usia dini. Hasil dalam penelitian ini menujukkan kema- juan yang baik pada anak, yaitu anak menjadi senang berkomunikasi dengan direkam video dibantu oleh orang tua. Pada saat peneliti melakukan observasi guru selalu memberikan intruksi melalui aplikasi What’s App, karena aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang mudah digu- nakan oleh orang tua sehingga pembelajaran berjalan lancar. Maka peran guru dalam menggu- nakan aplikasi What’s App sangat berhasil dalam menstimulus kecerdasan interpersonal anak usia dini.

The role of a teacher is very important in early childhood learning activities in kindergarten in stimulating all intelligence and development in early childhood, one of which is Interpersonal intelligence. Interpersonal intelligence is intelligence that can communicate with other people or have good communication with people who are known or newly known. In current learning to stimulate interpersonal intelligence, the teacher creates fun learning using the What's App appli- cation. Every learning children always use the What's App application to interact with children by recording videos that children do. The research method uses descriptive qualitative. Data collection techniques in this study used interviews, observations, and documentation. This study uses qualitative data analysis. This research was conducted at Permata Ibu Kindergarten to stimulate interpersonal intelligence through the What's App application in early childhood. The results of this study showed good progress in children, namely children became happy to com- municate with recorded videos assisted by parents. When researchers make observations, the teacher always gives instructions through the What's App application, because this application is one application that is easy to use by parents so that learning runs smoothly. So the role of the teacher in using the What's App application is very successful in stimulating early childhood interpersonal intelligence.

References

Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Rineka Apta: Jakarta.

Bensalem, E. (2018). The impact of WhatsApp on EFL students' vocabulary learning. Arab World English Journal (AWEJ) Volume, 9.

Gardner, H. (2003). Multiple Intelligences: Kecerdasan majemuk teori dalam praktek. Batam: Interaksara.

Gardner, H. (2013). Multiple Intelligences. Diterjemahkan oleh: Yelvi Andri Zainur. Jakarta: Daras Book.

Hartati, S. (2005). Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Komala, K. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B MELALUI METODE OPEN ENDED. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2), 105-110. https://doi.org/10.22460/ ts.v6i2p%25p.2135

Martini, Y. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WHATSAPP TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE PAUD KECAMATAN WALURAN. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 9(1), 95-102.

Musfiroh, T. (2008). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas.

Nafiqoh, H. (2017). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru pendidikan anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 57-75.

NAFIQOH, H., APRIANTI, E., & ROHAETI, E. E. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Penilaian Anak Usia Dini dengan Teknik Fortopolio. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP), 2(02), 66-71. https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v2i02.440

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa SMP melalui pendekatan open ended. Prisma, 6(2), 119-131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122

Sukrillah, A., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2017). Pemanfaatan media sosial melalui whatsapp group FEI sebagai sarana komunikasi. Jurnal Komunikatio, 3(2). https://doi.org/10.30997/jk.v3i2.919

Riyanto, Y. (2009). Paradigma baru pembelajaran: Sebagai Referensi bagi pendidik dalam implementasi. Jakarta: Kencana

Wahyuni, K., Fadillah, F., & Marmawi, R. PERANAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK 5-6 TAHUN DI TK MUJAHIDIN 1. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(9). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i9.36077

Downloads

Published

2023-03-28