PEMBELAJARAN DARING ANAK USIA DINI: PENERAPAN METODE UMMI DALA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN

Authors

  • Ayu Rodiah Al Adawiyah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provins Jawa Barat
  • Anita Rakhman Program Studi Pendidikan Masyarakat, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provins Jawa Barat

Keywords:

Online Learning, Ummi Method, Early Childhood

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan melihat tingkat perkembangan membaca Al-Qur’an anak pada kelompok B di TKQ Nurul Iman dalam pembelajaran daring dengan menggunakan metode Ummi, pengunaan metode ummi akan lebih memudahkan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak karena penerapan metode ummi dilakukan dengan tiga strategi utama pendekatan bahasa ibu yaitu : Direct Method (langsung), Repetition (diulang ulang), Affection (kasih sayang yang tulus). Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang di kembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan peneliti yaitu secara deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 13 anak, 6 anak anak perempuan dan 7 anak laki-laki, berlokasi di Lembaga TKQ Nurul Iman kabupaten Bandung barat. Hasil penelitian meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pra tindakan ddengan menggunakan metode ummi mendapatkan hasil presentasi 48%, pada siklus I hasil mulai meningkat dengan 68% dan ada siklus II sebanyak 93%. Dengan hal ini pembelajaran daring metode ummi berhasil meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak kelompok B.

This article aims to describe and see the level of development of reading the Qur'an of children in group B at TKQ Nurul Iman in online learning using the Ummi method, the use of the Ummi method will make it easier to improve the ability to read the Qur'an in children because of the application of the ummi method. carried out with three main strategies of the mother tongue approach, namely: Direct Method (direct), Repetition (repeated), and Affection (sincere affection). The type of research used in writing this article is classroom action research (PTK) which was developed by Kemmis and Mc Taggart with stages of planning, implementation, observation, and reflection. The data analysis technique used by the researcher is descriptive qualitative. The subjects in this study were group B children, totaling 13 children, 6 girls, and 7 boys, located at the Nurul Iman Kindergarten Institute, West Bandung Regency. The results of the study increasing the ability to read the Qur'an pre-action using the ummi method got a presentation result of 48%, in the first cycle the results began to increase by 68% and there was a second cycle of 93%. With this, the online learning of the ummi method succeeded in increasing the ability to read the Qur'an in group B children.

References

Afidah, R., & Sholichah, N. I. (2020). PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DI RA AL-KHUSYU’TUGUREJO WATES BLITAR-MALANG. JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 2(1), 45-50. https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i2.363

Astuti, S., Lestari, S., & Yuniarni, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Storytelling Pada Anak Di Tk Islam Bina Empat Lima Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(2). 1-13. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i2.31267

Farida, R. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamid, A.A. (2016). Aktual : Didiklah Anakmu Atas Tiga Hal. Retrieved November 30, 2021, from https://aktual.com/didiklah-anakmu-tiga-hal/

Hasunah, U., & Jannah, A. R. (2017). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Alquran pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 160-175.Hendriana, H., & Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Refika Aditama.

Liansyah, A. F., & Achadianingsih, N. (2020). Penggunaan Metode Ummi Dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Ibu Rumah Tangga. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 181-187. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.3336

Misbakhudin, M., Andrasto, T., & Supraptono, E. (2017, May). Inovasi Media Pembelajaran Al Quran Metode Ummi Berbasis Android pada Pokok Bahasan Pengenalan Huruf Hijaiah. In Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) (pp. 452-459). https://proceedings.ums.ac.id/index.php/snpbs/article/view/454

Munawaroh, S. (1). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Ummi di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Darussalam Sangatta Kutai Timur. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 4(1). https://doi.org/10.21093/sy.v4i1.538

Musfah, J. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Era Covid-19. Jakarta pusat: Litbagdiklat Press.

Sjafi’i, A.M. (2001). Pelajaran Tajwid. Bandung: Putra Jaya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Published

2023-08-10