IMPLEMENTASI PERMAINAN PERMATA TERSEMBUNYI PADA KETERAMPILAN BERBAHASA LISAN ANAK USIA DINI DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Dwi Retnaningsih Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provins Jawa Barat
  • Ririn Hunafa Lestari Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provins Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i2.16281

Keywords:

Online Learning, Hidden Gem Games, Oral Language

Abstract

Anak mampu berbahasa lisan merupakan salah satu bagian dari tujuan pendidikan anak usia dini. Imlementasi keterampilan berbahasa lisan pada masa pandemi membutuhkan media yang menarik bagi anak, salah satunya yaitu penggunaan media permainan permata tersembunyi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang implementasi penerapan permainan permata tersembunyi pada keterampilan berbahasa lisan pada anak selama pembelajaran daring, respon guru dan anak serta kendala-kendala yang dialami oleh guru dan anak dalam implementasi permainan permata tersembunyi pada keterampilan berbahasa lisan selama pembelajaran daring. Metode yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru dan 17 anak kelompok B di paud Mutiaraku. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa selama pembelajaran daring, pemanfaatan media permainan permata tersembunyi dapat menstimulasi keterampilan berbahasa lisan pada anak dengan baik. Guru dan menunjukan respon baik dan antusias. Kendala-kendala yang dialami diantaranya kendala sinyal dan kuota, anak kurang mandiri dan guru kesulitan menilai perkembangan anak.

Children are able to speak orally is one part of the goals of early childhood education. The implementation of oral language skills during Paandemic requires media that is attractive to children, one of which is the use of hidden gems game media. This study aims to analyze the implementation of the implementation of the hidden gem game on oral language skills in children during online learning, the responses of teachers and children as well as the difficulties experienced by teachers and children in implementing the hidden gem game on oral language skills during online learning. The method used is a descriptive research method with the research subject of school principals, teachers and group B 17 children at Mutiaraku Early Childhood Edu- cation. Data collection methods in this study include observation, interview and documentation techniques data analysis techniques using data reduction techniques, data presentation and drawing conclusions. Based on this study, it was found that during online learning, the use of hidden gem game media can stimulate children's oral language skills well. The teacher and showed a good and enthusiastic response. The difficulties experienced include signal and quota constraints, children are less independent and teachers have difficulty assessing children's development.

References

Apriliyanti, E. (2017). Efektivitas model kartu arisan dan metode TGT (Team Games Tournament) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Bahan Penyusun Benda kelas V di MI Futuhiyyah Mrang-gen tahun ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Depdiknas. (2007). Metode Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.

Devi, D. P., Sa’dullah, A., & Sulistiono, M. (2021). IMPLEMENTASI PEREN- CANAAN PEMBELAJARAN OLEH GURU PAI POLA PEMBELAJARAN DARING BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMAN 1MALANG. Vi- cratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 6(5), 39-49.

Hanifah, T. M. N., & Atika, A. R. (2020). Mengembangkan bahasa reseptif anak usia

dini melalui tebak gambar. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif),

(3), 196-204. http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v3i3.p196-204

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2),

-81. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256

Ismail, A. (2012). Edukatif Games. Yogyakarta, Pro-U Media

Musbikin, I. (2010). Buku pintar PAUD. Yogyakarta: Laksana,

Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivi-tas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1),229-240. 10.31004/obsesi.v5i1.534

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33),81-95. http://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Sugiyono, S. (2015). Metodologi Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi pedagogik Guru PAUD dalam perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543-550. 10.31004/obsesi.v4i2.287

Downloads

Published

2023-03-25