MODUL SEBAGAI METODE PENGAJARAN DALAM MENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK B PADA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Erni Erni Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat
  • Anita Rakhman Program Studi Pendidikan Masyarakat, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i2.16358

Keywords:

Independence, Module, Online Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta di lapangan bahwa dalam meningkatkan kemadirian anak kelompok B di Pos Paud Izhar masih rendah, dikarenakan pembelajaran masih menggunakan metode klasik sehingga anak cepat bosan dalam pembelajaran. Dalam meningkatkan kemandirian anak pada pembelajaran daring diperlukan metode yang menarik salah satunya dengan modul. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menggambarkan peningkatan kemandirian anak kelompok B dengan modul pada pembelajaran daring. Deskriptif kualitatif merupakan metode yang dipilih dalam penelitian ini. Melalui observasi, wawancara dan dokumentasi peneliti lakukan dalam pengumpulan data. 9 Anak dari kelompok B di Pos PAUD Izhar yang menjadi subjek penelitian. Analisis data yang digunakan penulis yaitu reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui modul pada pembelajaran daring bisa mengembangkan kemandirian pada anak dengan perencanaan yang baik sesuai skenario pembelajaran, sehingga anak mampu mengerjakan modul dengan baik, respon anak terlihat merasa senang, gembira serta antusias dalam pembelajaran karena didukung metode yang menarik.

This research is motivated by the facts in the field that in increasing the independence of group B children at the Izhar Early Childhood Post it is still low because learning still uses classical methods so children get bored quickly in learning. In increasing children's independence in on- line learning, an interesting method is needed, one of which is with modules. This study aims to describe the increased independence of group B children with modules on online learning. Qualitative descriptive is the method chosen in this study. Through observation, interviews, and documentation researchers in data collection. 9 children from group B at the Izhar PAUD Post became the research subjects. Data analysis used by the author is data reduction, data display, and conclusions. The results of this study indicate that online learning modules can develop independence in children with good planning according to learning scenarios, so that children are able to work on modules well, the child's response looks happy, excited, and enthusiastic in learning because it is supported by interesting methods.

References

Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan instrumen penilaian untuk mengukur motivasi belajar siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249-257. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1). 19-35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Marlina, L. (2017). PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2679

Permendikbud No 72 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Layanan Khusus, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Permendikbud Nomor 33 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Program Satuan Pen- didikan

Rakhman, A., & Alam, S. K. (2020). Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Meningkatkan Life Skill Pada Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2), 9-17. https:// doi.org/10.22460/ts.v6i2p9-17.2063

Rahdiyanta, D. (2016). Teknik penyusunan modul. Artikel.(Online) http://staff.uny.ac. id/sites/default/files/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/20-teknik-penyusunan- modul.pdf.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2013).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Ros- dakarya.

Downloads

Published

2023-03-30