PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA KELOMPOK A MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL

Authors

  • Nurhalimah Inra Sekolah PAUD Sejenis (SPS) Riyadussyifa, Kab. Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, In-donesia
  • Heni Nafiqoh Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

Keywords:

Beginning Counting, Audio Visual Media, Online Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A di SPS Riyadussyifa masih belum berkembang dengan optimal pada saat pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan skenario dan implementasi, respon guru dan anak, kesulitan dan kendala yang dihadapi guru dan anak dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok A melalui media audio visual pada pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu anak kelompok A SPS Riyadussyifa yang berjumlah 12 orang anak, terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Setelah 8 kali pertemuan hasil penelitian mendeskripsikan bahwa implementasi penerapan media audio visual terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, guru dan anak menunjukan respon yang baik, kesulitan anak yang ditemukan adalah pemahaman orang tua dan minat belajar anak, kendala guru yang ditemukan adalah saat evaluasi pembelajaran. 

This research is motivated by the fact that the early arithmetic ability of group A children at SPS Riyadussyifa is still not optimally developed during online learning. This study aims to describe scenarios and implementations, teacher and child responses, and difficulties and obstacles faced by teachers and children in improving initial numeracy skills in group A children through audio-visual media in online learning. The method used in this study is a qualitative descriptive method with the research subject being the children of group A SPS Riyadussyifa, totaling 12 children, consisting of 6 boys and 6 girls, using interview, observation, and document data collection techniques. bag. Data were analyzed through data reduction, data display, and verification or drawing conclusions. After 8 meetings, the results of the study describe that the implementation of the application of audio-visual media consists of planning, implementation, and evaluation, teachers and children show good responses, and the difficulties found in children are parents' understanding and interest in children's learning, teacher obstacles found are when evaluating learning.

References

Iftitah, S. L. (2019). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini (Vol. 111). Duta Media Pub-lishing. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/22432

Khadijah, K., & Nurhalizah, R. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pelaksanaan Praktik Shalat Melalui Media Audio Visual Pada Anak Kelompok B di RA Al-Fazhira Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Raudhah, 8(1). 1-11. http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v8i1.581

Kurniatin, T., & Rohmalina, R. (2020). Penerapan Permainan Penjepit Baju Untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Perbedaan Ukuran Banyak Dan Sedikit Di Tk Kartika XIX–1 Bandung. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(2), 164-171. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i2.p%25p

Mawar, M., Salamah, D. N., & Fauziah, A. L. (2021, February). Sosialisasi Peranan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Bagi Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid 19. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/7996

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Rahman, T., & Fuadatun, F. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan melalui Media Flashcard. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 118-128.

Riadil, I. G., Nuraeni, M., Prakoso, Y. M., & Yosintha, R. (2020). Persepsi guru PAUD terhadap sistem pembelajaran daring melalui whatsapp di masa pandemi covid-19. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 89-110. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.6574

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriati, T., & Ismiatun, A. N. (2021). Pengenalan Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(5), 601-605. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i5.p%25p

Surtikanti. (2011). Media dan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Surakarta: Qinant.

Yuliani, D., Antara, P. A., & Magta, M. (2017). Pengaruh video pembelajaran terhadap kemampuan berhitung permulaan anak kelompok b di taman kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(1), 96-105. https://doi.org/10.23887/paud.v5i1.11309

Published

2023-08-10