MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK KELOMPOK B

Authors

  • Rodiana Rodiana Taman Kanak-kanak (TK) Idhata Sejahtera, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat
  • Rohmalina Rohmalina Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i3.16997

Keywords:

Early Childhood, Verbal Linguistic Intelligence, Audio Visual Media

Abstract

Kecerdasan verbal linguistik memiliki peranan yang penting dalam mengembangkan kemampuan berbahasa atau berkomunikasi, dan dapat ditingkatkan dengan pembelajaran menggunakan media audio visual, karena pada usia 5-6 tahun anak belum banyak mengenal kata-kata baru serta memiliki pemahaman dan daya ingat yang rendah dari bahasa yang mereka dengar. Maka dari itu penggunaan media audio visual dalam kegiatan belajar untuk mengembangkan kecerdasan verbal linguistik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran untuk mengembangkan kecerdasan verbal linguistik dengan menggunakan media audio visual pada kelompok B di TK Idhata Sejahtera. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek kelompok B di TK Idhata Sejahtera yang berjumlah 11 orang anak. Teknik analisis menjelaskan kata reduksi data, display data, pengambil kesimpulan atau verifikasi, dan triangulasi. Hasil penelitian tentang pemanfaatan media untuk kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat mengembangkan kecerdasan verbal linguistik, yaitu dapat mengenal kata-kata baru, berpikir kemudian mengungkapkannya dengan bahasa, kepekaannya terhadap kata-kata, kemampuan memahami apa yang disampaikan pada kegiatan pembelajaran dengan media audio visual.

Linguistic verbal intelligence has an important role in developing language or communication skills, and can be improved by learning using audio-visual media because, at the age of 5-6 years, children do not know many new words and have low understanding and memory of the language they use. they heard. Therefore, the use of audio-visual media for learning activities to improve verbal-linguistic intelligence. In group B at Idhata Sejahtera Kindergarten, the aim of this study is to present an overview of the application of learning to enhance verbal-linguistic intelligence through audio-visual media. With a total of 11 students from Idhata Sejahtera Kindergarten, the researcher employed a qualitative descriptive research methodology. Data reduction, data visualization, conclusion or verification, and triangulation are analysis approaches. The results of the research show that using audio-visual media for learning activities can enhance verbal-linguistic intelligence, including the capacity to recognize new words, think about them, and then express them in language. It can also increase sensitivity to words and the capacity to comprehend what is being said when using audio-visual media for learning activities.


References

Amstrong, T. (2004) . Sekolah Para Juara : Menerapkan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Inteligences. Terj. Bandung: Kaifa

Bahri, S., Aswan, Z., & Syaiful, D. B. (2010). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunadi, T. (2010). Optimalkan Otak Kanan-Kiri Otak Tengah Otak Kecil. Jakarta: Penebar Plus+.

Gunawan, A W. ( 2003 ). Born to be a Genius. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Jasmine, J. (2007). Panduan Praktis Mengajar Berbasis Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa.

McKenzie, W. (2005). Multiple Intelligences and Intructional Technology. Washington DC: International Society for Technology in Education.

Nasution. (2010). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Rohmalina, R. (2015). Pelatihan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Paud Di Kota Cimahi. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 93-102. https://doi.org/ 10.22460/empowerment.v4i1p93-102.560

Rostini, S., & Nafiqoh, H. (2020). MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA ING- GRIS MELAUI PERMAINAN PESAN BERANTAI DENGAN MEDIA GAM- BAR. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(4), 282-289. http:// dx.doi.org/10.22460/ceria.v3i4.p%25p

Sefrina, A . (2013). Deteksi Minat, Bakat Anak. Jakarta : Media Pressindo


Suan, W. H., & Sulaiman, T. (2009). Multiple Intelligences in Japanese Language Learning. International Journal of Learning, 16(7). 10.18848/1447-9494/CGP/v16i07/46442

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Yusuf, S., & Nurihsan, L. N., A. Juntika. (2006). Landasan bimbingan & konseling (2ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2023-05-23