PERMAINAN PETAK UMPET DI MASA PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI

Authors

  • Umi Kulsum Raudhatul Athfal (RA) Atsauri, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat
  • Komala Komala Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i3.17009

Keywords:

Gross Motor Development, Hide And Seek, Online Learning

Abstract

Gerakan yang membutuhkan otot besar atau motorik kasar bisa dilakukan melalui kegiatan yang menggunakan seluruh anggota tubuh yaitu dengan melompat, berlari, berjalan dan bermain petak umpet. Peneliti memilih bermain cari teman (petak umpet) adalah permainan yang sangat menyenangkan bagi anak cara bermain petak umpet adalah mencari teman yang bersembunyi. Di RA Atsauripada kelompok B masih terdapat anak yang dalam kemampuan motorik kasar masih dibawah rata-rata peneliti bertujuan untuk mengembangkan motorik kasar anak melalui bermain petak umpet dengan pembelajaran yang dilakukan secara daring. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan metode yang digunakan, Adapun Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dengan analisis data kualitatif dan anak kelompok B dengan jumlah 10 orang anak yaitu lima anak laki-laki dan lima anak perempuan adalah subjek dalam penelitian, untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak dengan bermain petak umpet dengan pembelajaran yang dilakukan secara daring, dengan kegiatan tersebut peneliti mendapatkan hasil akhir 80% keterampilan motorik kasar anak meningkat.

Movements that require large muscles or gross motor skills can be done through activities that use the entire body, namely jumping, running, walking, and playing hide and seek. Researchers chose to play make friends (hide and seek) is a very fun game for children. The way to play hide and seek is to find friends who are hiding. In RA Atsauri in group B, there are still children whose gross motor skills are still below the average. The researcher aims to develop children's gross motor skills through playing hide and seek with online learning. Classroom Action Research (CAR) is the method used. The data collection technique in this study is observation with qualitative data analysis and group B children with a total of 10 children, namely five boys and five girls are the subjects in the study, to improve children's fine motor skills by playing hide and seek with online learning, with these activities the researchers got the final result 80% of children's gross motor skills increased.

References

Achroni, K. (2012). Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui. Permainan Tradisional. Jakarta: Javalitera

Aminah, A., Nurhayati, S., & Komala, K. (2020). IMPLEMENTASI LITERASI DINI MELALUI PERMAINAN ARISAN HURUF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(1), 38-47. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i1.p%25p

Carlson, A. G., Rowe, E., & Curby, T. W. (2013). Disentangling fine motor skills’ relations to academic achievement: The relative contributions of visual-spatial integration and visual-motor coordination. The Journal of genetic psychology, 174(5), 514-533. https://doi.org/10.1080/00221325.2012.717122

Eliyansah, N., & Sirodjudin, M. K. (2021). MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN ENGMOSAR PADA KELOMPOK USIA 5-6 TAHUN. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(1), 106-112. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i1.p%25p

Musfiroh, T. (2008). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tanggerang: Universitas Terbuka

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono, (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sobron, (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneurship VI, 1(1), 1–5.

Downloads

Published

2023-07-16