STRATEGI STIMULASI PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA TRAVEL PLAYMAT

Authors

  • Umi Sumiati Taman Kanak-kanak (TK) Ceria Silih Asih, Kab. Bandung Barat, Prov. Jawa Barat
  • Ifat Fatimah Zahro Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat
  • Syah Khalif Alam Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i3.17033

Keywords:

Gross Motor Skills, Travel Playmet, Early Childhood

Abstract

Perkembangan motorik kasar anak berpengaruh terhadap perkembangan anak selanjutnya. Kurangnya ketertarikan anak untuk melakukan gerakan motorik kasar, membuat anak melakukan gerakan sendiri yang tidak terarah dan memilih untuk diam, karena kurangnya strategi pendidik dalam menstimulusi perkembangan motorik kasar anak. Maka peneliti menerapkan media travel playmat untuk membantu menstimulus perkembangan motorik kasar anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam menstimulasi perkembangan motorik kasar anak usia dini berikut faktor penghambat dan pendukungnya melalui travel playmat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melibatkan 3 orang guru, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumen analisis. Data di analisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam travel playmat terdapat gerakan: engklek,lompat zig-zag, berjinjit dan lompat kodok. Hasil akhir dari penelitian bahwa 16 dari 17 anak telah berkembang sangat baik. Dan dapat ditarik kesimpulan bahwa travel playmat dapat dijadikan sebagai media yang dapat membantu strategi untuk menstimulasi motorik kasar anak usia dini.

Children's gross motor development affects the next child's development. Lack of interest in children to perform gross motor movements, making children do their movements that are not directed and choose to be silent, because of the lack of educator strategies in stimulating children's gross motor development. So the researchers applied travel playmat to help stimulate children's gross motor development. The purpose of this study was to determine the teacher's strategy in stimulating the gross motor development of early childhood along with the inhibiting and supporting factors through travel playmat. This research method uses a qualitative descriptive approach involving 3 teachers, and data collection techniques through observation, interviews, and document analysis. The data were analyzed qualitatively by using data reduction, data presentation, and concluding. The results showed that in the travel playmat, there were movements: ankle, zig-zag jump, tiptoe, forward jump, left sideways, and frog jump. The final result of the study was that 16 out of 17 children had developed very well. And it can be concluded that a travel playmat can be used as a medium that can help strategies stimulate gross motor skills in early childhood.

References

Alam, S. K., Wulansuci, G., & Rohmalina, R. (2019). Peningkatan Kecerdasan Intraper- sonal Guru Pendidikan Anak Usia Dini melalui Penyuluhan Program Parenting. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 260–265. https://doi.org/ 10.23887/paud.v7i3.21945

Anggraeni, D., & Na’imah, N. (2022). Strategi Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Maze Karpet Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2553–2563. https://doi.org/10.31004/ob- sesi.v6i4.2103

Ariani, N. K. L., Suarni, N. K., & Tirtayani, L. A. (2015). Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Kotak Berwarna Untuk Meningatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1). https://doi.org/ 10.23887/paud.v3i1.5889

Fridayanti, H. (2013). Permainan Gamparan Modifikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. PAUD Teratai, 2(3), 1–7. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/4049

Nasirun, M., & Syam, N. (2016). MENINGKATKAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT KODOK Septi Islinia Yosinta. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 56–60. https://doi.org/10.33369/jip.1.1.57-61.

Pangestu, D., & Yudhist, I. (2012). Tradisional Engklek. 1, 1–14.

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Suhana, A. (2021). Pengembangan Media Motion Foot untuk Peningkatan KemampuanMotorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Fun Kids Cireundeu tanggerang Selatan. Universitas Islam Negeri ( UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Wahyuni, W. (2015). IDENTIFIKASI PEMANFAATAN APE DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SE KECAMATAN SEKARBELA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Doctoral Dissertation, Universitas Mataram.

Wiranti, D. A., & Mawarti, D. A. (2018). Keefektiffan Permainan Engklek Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/ re.v9i1.2810

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92-111. https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p92-111.95

Downloads

Published

2023-05-20