APLIKASI GOOGLE MEET: MEDIA ALTERNATIF PEMBELAJARAN TERHADAP PESERTA DIDIK DI TAMAN KANAK-KANAK (TK)

Authors

  • Atin Martini Taman Kanak-kanak (TK) Al-Ikhlash, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat
  • Fifiet Dwi Tresna Santana Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

Keywords:

Google Meet App, Learning Media

Abstract

Di seluruh dunia sistem pendidikan terkena dampak langsung kesudahanya wabah virus corona, termasuk pada jenjang pendidikan anak usia dini. Dilain sisi proses pembelajaran harus terus berlangsung dengan menggunakan berbagai media yang dapat dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan. Kajian dalam penelitian ini adalah mengenai penggunaan aplikasi google meet sebagai media alternatif pembelajaran terhadap peserta didik di taman kanak-kanak. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis penggunaan aplikasi google meet sebagai media alternatif pembelajaran terhadap peserta didik di taman kanak-kanak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 1 guru dan 10 peserta didik, yang masing-masing terdiri dari 5 anak laki-laki dan perempuan di taman kanak-kanak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan aplikasi google meet sebagai media pembelajaran di taman kanak-kanak dapat membantu proses pembelajaran di masa pandemi. Sehingga guru dan orang tua mampu membangun kolaborasi demi memaksimalkam kegiatan belajar anak melalui penggunaan aplikasi google meet sebagai media alternatif pembelajaran.

All over the world, the education system was directly affected by the Coronavirus outbreak, including at the level of early childhood education. On the other hand, the learning process must continue using various media that can be utilized by educational institutions. The study in this research is about the use of the google meet application as an alternative medium of learning for students in kindergarten. The purpose of this study is to analyze the use of the google meet application alternative medium of learning for students in kindergarten. The research method used is a descriptive method with a qualitative approach. The subjects of this study were one teacher and ten students, each consisting of 5 boys and girls in kindergarten. The data collection method is done by interview, observation, and documentation. The result of the study shows that the use of the google meet application as a learning medium in kindergarten can help the learning process during the pandemic. So that teachers and parents can build collaborations to maximize children’s; earning activities through the use of the google meet application as an alternative learning medium.

References

Amirulloh, S. (2014). Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Jakarta: PT. elex Media Komplitudo.

Arifin, D. (2021). Pengertian Google Meet, Fitur, Manfaat, Cara Menggunakan. [2021, Maret 26]. Retrieved November 22, 2021, from https://dianisa.com/pengertian-google-meet/

Aqib. (2013) Model-model, Media Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Hikmah, N., & Zahro, I. F. (2020). Meningkatkan kemampuan berpikir logis melalui metode bermain pada anak usia dini. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(1), 85-92. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i1.p%25p

Isjoni. (2018). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Alfabeta: Bandung.

Johnson, N., Veletsianos, G., & Seaman, J. (2020). U.S. Faculty And Administrators’ experiences and approaches in the early weeks of the covid-19 pandemic. Online learning. 24(2), 6-21. https://doi.org.10.24059/olj.v24i2.2285.

Pasaribu, M. (2019). Penerapan Metode Bermain Dalam Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 5-6 Tahun Di TKIT Baitussalam Tahun Ajaran 2018/2019 (Skripsi, Universita Islam Negeri Sumatera Utara, 2018). http://repository.uinsu.ac.id/5770/1/MAWADDAHPASARIBU-38153020-2015.pdf

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV Sarnu Untung.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2023-08-18