MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DENGAN PENERAPAN METODE PROYEK PADA SAAT PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Dedeh Rohmiati Pendidikan Anaka Usia Dini (PAUD) Mabdaul Balqis, Kab. Karawang
  • Chandra Asri Windarsih Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat
  • Syah Khalif Alam Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

Keywords:

Social Skills, Project Method, Online Learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan sosial dengan  penerapan metode proyek melalui pembelajaran daring. Kegiatan metode proyek melalui pembelajaran daring dapat meningkatkan keterampilan sosial anak, anak mampu mandiri dalam melakukan kegiatan proyek tanpa ada bantuan guru secara langsung, anak mampu bersosialisasi berinteraksi secara bebas dengan teman kelompoknya tanpa merasa risih hingga terbangun kerjasama yang baik antar anak dalam kegiatan proyek dan mampu mengembangkan kreativitasnya dalam melaksanakan setiap kegiatanwalaupun dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh atau daring. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik dengan usia 5-6 tahun. PAUD Mabdaul Balqis Kabupaten Karawang yang berjumlah 10 anak yang terdiri dari lima anak laki-laki dan lima anak Perempuan. Adapun observasi penelitiannya menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitataif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam observasi penelitian ini yaitu menggunakan tehnik observasi ,tehnik wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, display data dan terakhir penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari observasi dilapangan menyatakan bahwa terjadi peningkatan perkembangan keterampilan sosial anak sesuai dengan judul penelitian selama delapan kali pertemuan dengan hasil yang dicapai yaitu berkembang sangat baik (BSB).maka dapat disimpulkan bahwa  penerapan metode  proyek mampu meningkatkan keterampilan sosial anak melalui pembelajaran daring.

This research aims to improve social skills by applying the project method through online learning. Project method activities through online learning can improve children's social skills, children can independently carry out project activities without direct teacher assistance, and children can socialize and interact freely with their group friends without feeling uncomfortable until good cooperation is built between children in project activities and can develop their creativity in carrying out each activity even though it is done by distance or online learning. The subjects in this research were students aged 5-6 years. Mabdaul Balqis preschool, Karawang Regency, totaling 10 children consisting of five boys and five girls. The research observations used descriptive analysis with a qualitative approach. The data collection techniques used in this research observation are observation techniques, interview techniques, and documentation. Data analysis used in this research uses data reduction, data display and finally concluding. The results of field observations stated that there was an increase in the development of children's social skills by the title of the research during eight meetings with the results achieved, namely very good development (BSB). So it can be concluded that the application of the project method was able to improve children's social skills through online learning.

References

Alhadad, B., Arfa, U., & Sulman, H. (2020). Penerapan metode proyek dalam mengem-bangkan sosial anak usia 5-6 tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 45-58. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v2i2.1956

Astuti, E. P. (2016). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Proyek. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 81-94.

Eka Putri, N. S., Tirtayani, L., & Ganing, N. (2018). (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sosial Pada Anak Kelompok B Di TK Gugus III Kecamatan Tampaksiring Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undik-sha, 6(3), 303–312. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15188

Hamidah, M. (2017). Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pen-erapan Metode Proyek. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 21-37. https://doi.org/10.22460/ts.v3i1p21-37.316

Lestariningrum, A. (2015). PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENING-KATKAN KETRAMPILAN SOSIAL ANAK DALAM BEKERJASAMA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B2 DI TK KREATIF ZAID BIN TSABIT KECA-MATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.29407/pn.v1i3.177

Mutia, S. (2019). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HOLISTIK INTEGRATIF DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN TAMANKANAK-KANAK DHARMA WANITA PERSATUAN BANDAR LAM-PUNG (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/7442/1/SKRIPSI.pdf

Nurani, Y. (2019). Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat: CV Campustaka.

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2021). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633-640. 10.31004/obsesi.v5i1.574

Setiawati, F. A. (2018). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK MELALUI METODEPROYEKDI TK AL-AZHAR 14 MARGODADI KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Widyaningrum, N. H. (2016). Meningkatkan Keterampilan Sosial Melalui Metode Proyek Kelompok B di TK Aba Barahan Galur Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 40-51. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/5482

Windarsih, C. A., Aryana, S. ., & Ramdhania, A. (2021). PELATIHAN “E-LEARNING FROM HOME” BAGI GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMIC COVID19. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 64-73. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.798

Published

2023-10-03