MEDIA PEMBELAJARAN WORKSHEET UNTUK MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK KELOMPOK A

Authors

  • Elsa Rizqi Adhafina Raudhatul Athfal (RA) Al-Hilal, Kab. Bandung Barat, Prov. Jawa Barat
  • Agus Sumitra Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat
  • Syah Khalif Alam Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i3.17238

Keywords:

Learning Media, Character Values, Worksheet

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya implementasi nilai-nilai karakter bagi anak usia dini kelompok A di RA Al Hilal, sehingga diperlukan upaya untuk mengembangkan nilai-nilai karakter anak dengan penerapan worksheet. Penggunaan Media pembelajaran worksheet dalam penelitian ini dibuat dan disusun dengan menggunakan aplikasi canva pro untuk merancang desain gambar yang berisi nilai-nilai karakter. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan nilai-nilai karakter pada anak dengan menggunakan media pembelajaran worksheet. Metode penelitian yang diambil yaitu deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian anak kelompok A RA Al-Hilal yang berjumlah 7 anak yang terdiri dari tiga anak laki-laki dan empat anak perempuan. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan  3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai karakter anak dapat berkembang sangat baik setelah menggunakan worksheet berbasis karakter dalam kegiatan pembelajaran selama delapan kali pertemuan dengan kondisi pembelajaran yang menyenangkan tanpa adanya paksaan, yang kemudian anak menjadi paham mengenai konsep nilai-nilai karakter yaitu dapat membedakan perilaku baik dan tidak baik secara efektif.

This research was motivated by the low implementation of character values in early childhood group A in RA Al-Hilal, so efforts are needed to develop children's character values by applying worksheets. The use of worksheet learning media in this study was created and compiled using the Canva pro application designs that contain character values. The purpose of this study is to develop character values in children by using worksheet learning media. The research method taken was descriptive qualitative with the subject of research by group A RA Al-Hilal children totaling 7 children consisting of three boys and four girls. Data collection is carried out through observation, interviews and documentation which is analyzed with 3 stages, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results showed that the improvement of children's character values can develop very well after implementing worksheets in learning activities for eight meetings with pleasant learning conditions without coercion, which then children become aware of the concept of character values, namely being able to effectively distinguish good and bad behaviors.


References

Alam, S. K., Wulansuci, G., & Rohmalina, R. (2019). Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal Guru Pendidikan Anak Usia Dini melalui Penyuluhan Program Par- enting. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 260–265. https://doi.org/10.23887/paud.v7i3.21945

Bernard, M., & Alam, S. K. (2020, October). Improving english for early childhood through mathematical learning media VBA-asissted excel game. In Journal of Physics: Conference Series(Vol. 1657, No. 1, p. 012045). IOP Publishing. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1657/1/012045/meta

Wahyuni, M., Yuliantina, I., & Ritayanti, U. (2015). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Endah. (2021). RPP Adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Cara Menyusun. Retrivied Mei 01, 2022 from htpps:// bootb.com/rpp-adalah/

Hasibuan, S. C., Milfayetty, S., & Mursyid, R. (2019). Development of Child Worksheets Based on the Story as Subtheme “ My Body †to Improve Students ’ Speaking Abilities at Al-Ikhlas Early Childhood Education and Development ( ECED ) Medan Amplas. BirLE-Journal, 2 (4). 539–546. https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.535

Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia 3(1), 50– 55. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.105-110

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Mariam, E., & Lestari, R. H. (2021). Penerapan metode story telling dalam mengem-bangkan bahasa ekspresif. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(3), 302-306. http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v4i3.p%25p

Rachmah, R. S., Nurhayati, S., & Alam, S. K. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Number Board Modifikasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung. Jurnal Ceria 4(4), 342–349. http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v4i4.p%25p

Pujiaswati, R., Mulyana, E. H., & Mulyadi, S. (2020). Pengembangan lembar kerja anak (lka) model stem pada konsep terapung melayang tenggelam untuk memfasilitasi keterampilan saintifik anak usia dini. (1), 107-117.

Sumitra, A., Windarsih, C. A., Elshap, D. S., & Jumiatin, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1), 1-5.

https://doi.org/10.22460/ts.v6i1p%25p.1487

Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif dan Psikomotor (Konsep dan Aplikasi). Rajawali Pers: Jakarta.

Yulista, I .[2019]. Penggunaan Media Papan Flanel Dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Kelompok A Di Taman Kanak- Kanak Alam Baradatu Waykana. [Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2019]. http://repository.radenintan.ac.id/7821/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20PDF%20.pdf

Zubaedi. (2017). Strategi Taktis Pendidikan Karakter (Untuk PAUD dan Sekolah). Depok:PT RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

2023-06-12