MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B MENGGUNAKAN STICK ANGKA DI MASA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Enur Nurningsih Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Mabdaul Balqis, Kab. Karawang, Prov. Jawa Barat. Indonesia
  • Chandra Asri Windarsih Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat
  • Syah Khalif Alam Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i3.17320

Keywords:

Counting Ability, Number Stick, Online Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran daring dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini menggunakan stick angka pada kelompok B. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di PAUD Mabdaul Balqis tahun ajaran 2020-2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini menggunakan stick angka, sehingga kemampuan berhitung anak dapat berkembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek anak kelompok B yang berjumlah 10 anak di PAUD Mabdaul Balqis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa setelah melakukan kegiatan pembelajaran berhitung menggunakan stick angka selama pembelajaran daring, kemampuan berhitung anak semakin berkembang. Selama masa pandemi, pembelajaran daring dengan memanfaatkan media stick angka mampu menstimulasi kemampuan berhitung anak semakin meningkat dengan baik. Adapun dampak yang di alami anak selama pembelajaran daring selama kegiatan belajar berhitung menggunakan stick angka, anak menjadi berkembang kemampuannya dari belum berkembang (BB) berubah menjadi berkembang sesuai harapan (BSB).

This study aims to describe online learning in improving early childhood numeracy skills using number sticks in group B. The location of this research was carried out in PAUD Mabdaul Balqis in the 2020-2021 academic year. The purpose of this research is to improve the numeracy skills of young children using a number stick using number stick. So that children’s numeracy skills increase. The method used in this study uses a qualitative descriptive method with the research subjects being group B children, totaling 10 children in PAUD Mabdaul Balqis. Data collection techniques used in this research are observation, interviews, and documentation. The data analysis used in this research is data reduction, data display, and conclusion drawing. The results of this study indicate that after carrying out numeracy learning activities using number sticks during online learning, children’s numeracy skills are growing. During the pandemic, online learning by using number stick media can stimulate children’s numeracy skills to improve well. As for the impact experienced by children during online learning activities to count using number sticks, children develop their abilities from undeveloped to developing as expected.

References

Apriliyanti, E. (2017). Efektivitas model kartu arisan dan metode TGT (Team Games Tournament) ter-hadap hasil belajar peserta didik pa-da materi Bahan Penyusun Benda kelas V di MI Futuhiyyah Mrang-gen tahun ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Doctoral dissertation, UIN Walisongo). http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7429/

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1) 50-58. DOI: 10.30595/dinamika.v8i1.943

Basri, H. (2017). Kemampuan Kognitif Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan. 18(1), 1-9. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11054

Djamarah, Z. (2006), Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Farihah, H. (2017). Mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui kegiatan bermain stick angka. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(1). https://doi.org/10.29062/seling.v3i1.198

Isman, Mhd. (2016). Pembelajaran Media Dalam Jaringan (Moda Jaringan) The Progressive and Fun Education Seminar, 586-588. http://hdl.handle.net/11617/7868

Musrikah, M. (2017). Pengajaran Matematika Pada Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak. 1 (1), 154-173. https://doi.org/10.21274/martabat.2017.1.1.153-174

Putri, L. (2014). Upaya meningkatkan kemampuan berhitung permulaan menggunakan strategi bermain stick angka di Paud. Belia jurnal: Jurnal Ilmiah PG-PA UD IKIP Veteran Semarang, 2(2), 1-9.

Savira, F. (2013). Self Regulated Learning (SRL) dengan Prokrastnasi Akademik pada Siswa Akselerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan 1(1), 1-65. https://doi.org/10.22219/jipt.v1i1.1358

Sadiman, A. (2007). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono, S. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta

Sujiono, N. (2007). Metode Pengenmbangan Kognitif. Jakarta: PT. Indeks

Sujiono, N. (2008). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. [2020]. Kompetensi pedagogik Guru PAUD dalam perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543-550. DOI: 10.31004/obsesi.v4i2.287

Susanto, A. (2011), Perkembangan Anak Usia Dini, Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta : Prenada Media Grup

Suyanto, S. (2005), Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal pendidikan administrasi perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503

Downloads

Published

2023-07-16